Diskominfo Bertugas Melaksanakan Statistik Sektoral

Kegiatan pembinaan data statistik dilaksanakan denagan nrasumber dari Direktorat Binabangda Kemendagri selaku pembina di daerah.

Diskominfo Bertugas Melaksanakan Statistik Sektoral
bangkapos/edwardi
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pangkalpinang, Donald Tampubolon. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM -- Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pangkalpinang, Donald Tampubolon mengatakan kegiatan pembinaan data statistik dilaksanakan denagan nrasumber dari Direktorat Binabangda Kemendagri selaku pembina di daerah.

"Kita mengundang perwakilan seluruh OPD, kecamatan dan kelurahan untuk mengikuti sosialisasi ini, karena nantinya mereka yang akan menginput data statistik," kata Donald usai memberikan sambutan kegiatan Sosialisasi Data Statistik di Hotel Puri 56 Pangkalpinang, Rabu ,(05/09/2018).

Ditambahkannya, semenjak UU No. 23 Tahun 2014 salah satu urusan yakni data statistik ini harus dilaksanakan pemerintah daerah, meskipun urusan wajib nonpelayanan dasar.

" Jadi dalam struktur organisasinya maka Diskominfo yang melaksanakan urusan data statistik ini," ujarnya.

Diakuinya, memang ada yang menyatakan urusan statistik ini tugasnya BPS (Badan Pusat Statistik), tapi kenapa Pemda juga melaksanakan urusan statistik, jadi sebenarnya beda.

"Kalau BPS itu melaksanakan statistik dasar, sedangkan Diskominfo melaksanakan statistik sektoral. Statistik dasar itu ruang lingkupnya lebih luas mencakup nasional. Kalau statistik sektoral itu data bidang pendidikan, kesehatan dan tugas-tugas OPD di pemda, jadi Diskominfo ini menjadi wali datanya Pemda, siapa yang butuh data bisa mengaksesnya di Diskominfo," jelasnya.

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved