Dosen UBB Edukasi Produk Halal ke Pelaku Usaha di Balunijuk

Dosen Universitas Bangka Belitung melaksanakan sosialisasi Pengelolaan dan pengembangan Usaha Mikro di Desa Balunijuk

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dosen Universitas Bangka Belitung melaksanakan sosialisasi Pengelolaan dan pengembangan Usaha Mikro di Desa Balunijuk menjadi Usaha Kompetitif Halalan Toyyiban yang dilaksanakan di Desa Balun Ijuk, pada 26 Juli 2018 lalu.

Ketua Panitia kegiatan ini, Dosen Kimia FT UBB Occa Roanisca mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan para dosen yang dananya bersumber dari UBB. Selain dirinya dosen yang terlibat dalam kegiatan ini yakni Robby Gus Mahardika.

Menurut Occa, kegiatan ini merupakan salah satu tugas dosen dalam melaksanakan TRI Dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat.

Pihaknya mengusung tema tersebut lantaran saat ketersediaan produk pangan yang memenuhi kriteria halal dan bersih menjadi perhatian dunia.

"Hal ini tercermin dalam program kerjasama Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT GT) memiliki salah satu divisi khusus yang menangani Halal Products," katanya melalui rilis yang diterima Bangka Pos, Minggu (9/9).

Lebih lanjut, ia menyampaikan pemerintah Daerah khususnya Provinsi sangat mendukung produk halal dengan diberikannya sertifikasi halal secara gratis kepada UMKM di seluruh Kabupaten di Bangka Belitung yang mampu memenuhi kelayakan produk halal LPPOM MUI.

"Kami menilai perlu adanya penyebarluasan informasi dikalangan UMKM mengenai produk yang memenuhi standar halal dan bersih. Makanya kita
melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat mengadakan sosialisasi ini," katanya.

Sosialisasi ini diikuti pengusaha warung makanan dan minuman di sekitar Desa Balunijuk berjumlah 25 orang, aparat Desa yang diwakili Kasi Pemerintahan Kantor Desa Balunijuk Pak Nuryadi.

Kegiatan yang dilaksanakan yakni
sosialisasi mengenai tata kelola manajemen usaha mikro oleh Marliana dari Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan UKM Kabupaten Bangka.

Sosialisasi Mengenai standar dan prosedur pengajuan Laik Hyegene Sanitasi (HS) oleh Israwati dari Dinas Kesehatan Bangka.

Sosialisasi mengenai standar dan prosedur pengajuan Sertifikasi Halal LPPOM MUI oleh Nardi Pratomo Direktur LPPOM MUI Bangka belitung.

"Hasil dari kegiatan tersebut masyarakat dan aparat Desa Balunijuk sepakat ingin mewujudkan Desa balunijuk sebagai kampung halal," katanya.(*)

Editor: zulkodri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved