Pantau Kondisi Balita, Bupati Bangka Lauching SI EDU

Akibat pencatatan dilakukan masih secara manual membuat kader posyandu merasa kesulitan dalam memonitoring seluruh balita

Pantau Kondisi Balita, Bupati Bangka Lauching SI EDU
ist/humas dan protokol setda bangka
Bupati Bangka H Tarmizi Saat menandatangani peluncuran SI EDU yakni Sistem Informasi Pelyanan E Posyandu di Kabupaten Bangka, Senin (17/9) di ruang Bangka Bermartabat Kantor Bupati Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM -- Bupati Bangka H Tarmizi Saat melaunching Sistem Informasi Pelyanan E Posyandu (SI EDU) di Kabupaten Bangka, Senin (17/9) di ruang Bangka Bermartabat Kantor Bupati Bangka.

Kegiatan posyandu selama ini di Kabupaten Bangka menggunakan instrumen buku Sistem Informasi Posyandu (SIP) sebagai pedoman pelaksanaan aktifitas dalam pemberian pelayanan kepada balita dan ibu hamil. Akibat pencatatan dilakukan masih secara manual membuat kader posyandu merasa kesulitan dalam memonitoring seluruh balita yang menjadi sasaran di wilayah kerja posyandu sehingga diperlukan satu terobosan dalam mengoptimalkan pencatatan pelaporan dan memonitor posyandu melalui sistem  informasi yang sistematis.

Lahirlah SI EDU, yang diharapkan sistem ini dapat mewujudkan kewasdaan dini terhadap masalah gizi, imunisasi dan kesehatan pada balita di masyarakat

Bupati Bangka Tarmizi Saat menjelaskan, di Kabupaten Bangka saat ini terdapat sekitar 30 ribu balita, untuk itu dalam pendataan perlu dijalin kerja sama antara Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangka.

Menurut Bupati, sudah banyak aplikasi yang di buat di kabupaten Bangka, beberapa diantaranya telah mendapatkan penghargaan di tingkat nasional maupun internasional.

Tarmizi mengharapkan, aplikasi pelayanan E-Posyandu ini juga dapat disinergikan dengan aplikasi yang sudah ada lebih dahulu diantaranya Bang Muda ( Bangka Muda Mendapatkan Akta Kelahiran.

"Dengan adanya data yang valid tentang kondisi balita yang dilayani di posyandu akan dapat terpantau secara keseluran balita yang ada di Kabupaten Bangka, sehingga tidak satupun yang tertinggal," jelas Tarmizi melalui rilis yang dikirimkan Humas dan Protokol Setda Bangka, Senin (17/9/2018) kepada bangkapos.com.

Dijelaskannya, pelayanan melalui sejumlah aplikasi yang ada di Kabupaten Bangka untuk membantu memberikan kemudahan kepada masyarakat, dalam mendapatkan pelayanan seperti kependudukan, kesehatan, warga miskin dan lain - lain.

Posyandu saat ini memiliki peran yang berarti dalam mendukung  pelayanan kesehatan masyarakat.  Peran posyandu juga dibarengi dengan peran serta masyarakat yang semakin tampak.

Penandatanganan MoU Pemanfaatan Data Kependudukan antara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Then Suyanti dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Bangka Rahmad Gunawan,  disaksikan Bupati Bangka Tarmizi Saat. Penandatangan tersebut juga dihadiri para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati dan kepala OPD di lingkungan Pemkab Bangka. 

Penulis: nurhayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved