Data Dukcapil 2.172 Pemilih Pemula di Bangka Selatan

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kabupaten Bangka Selatan hingga kini masih melakukan perekamaan dan pendataan penduduk

Data Dukcapil 2.172 Pemilih Pemula di Bangka Selatan
Istimewa
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Hendra

BANGKAPOS.COM  -- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kabupaten Bangka Selatan hingga saat ini masih terus melakukan perekamaan dan pendataan penduduk agar memiliki E-KTP.

Dari hasil pendataan yang dilakukan Dukcapil Basel, sebanyak 121.712 warga per Juni 2018 wajib memiliki. Sedangkan sudah melakukan perekaman dan atau memiliki e-KTP saat ini terdata sebanyak 124.992.

Nia Ida Wati, Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) kepada bangkapos.com mengatakan mereka saat ini masih terus melakukan proses pendataan dan perekaman e-KTP.

“Sampai saat ini kita masih terus melakukan proses perekamaan dan pendataan. Kalau pencetakan rata-rata per hari hanya sebanyak 100 E-KTP yang tercetak. Tergantung koneksi internetnya ke kita,” kata Nia ditemui dikantornya, Selasa (18/9/2018).

Terkait dengan pemilu 2019, Nia mengatakan untuk warga berpotensi memiliki e-KTP atau usia 17 tahun pada April 2019 nanti baru terdata saat ini sebanyak 2.172 penduduk. Namun data tersebut bisa saja bertambah.

Untuk usia 16 tahun potensi menjadi pemilih pada April 2019 nanti, cara pendataan yang dilakukan Dukcapil Basel dengan mendatangi sekolah-sekolah. Saat ini yang baru didatangi hanya 4 SMU.

“Pendataan ke sekolah-sekolah kita berkoordinasi langsung dengan pihak sekolah. Kalau mereka siap kita langsung datang untuk melakukan pendataan. Saat ini baru 4 SMU yang sudah kita datangi,” ujar Nia.

Daftar pemilih tetap untuk pemilu 2019 mendatang, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh KPU Babel, untuk Kabupaten Bangka Selatan sebanyak 124.836 mata pilih. Sedangkan yang sudah melakukan perekaman e-KTP atau memenuhi syarat untuk memilih saja sebanyak 124.992 mata pilih.

Belum lagi pemilih pemula yang saat ini baru terdata 2.172 pemilih. Diperkirakan DPT di Bangka Selatan akan terus bertambah.

Nia dalam proses pencetakan E-KTP sehari hanya rata-rata 100 keping saja. Bila saat proses pemilihan nanti dan masih ada yang belum tercetak maka akan dikeluarkan surat keterangan.

“Pencetakan E-KTP di kita tergantung dengan koneksi ke jaringannya. Kalau memang masih ada yang belum tercetak, bisa dengan surat keterangan. Tapi rata-rata setelah direkam sudah langsung dicetak dan selesai,” kata Nia. (can)

Penulis: Hendra
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved