STKIP MBB Tuan Rumah Konferensi Internasional Kesusastraan

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Bangka Belitung (STKIP MBB) menjadi tuan rumah konferensi internasional

STKIP MBB Tuan Rumah Konferensi Internasional Kesusastraan
Istimewa
Ketua HISKI Komda Babel turut menjemput peserta konferensi internasional kesusastraan Indonesia, Kamis (19/9/2018) sore di Bandara Depati Amir Bangka. 

BANGKAPOS.COM -- Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Bangka Belitung (STKIP MBB) menjadi tuan rumah konferensi internasional kesusastraan XXVII bekerjasama dengan Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI) Komda Bangka Belitung dan HISKI Pusat yang diselenggarakan selama tiga hari, Kamis-Sabtu (20-22/9) yang berlangsung di Hotel Santika dan di Kampus STKIP MBB Jalan Ahmad Dahlan Desa Mangkol Pangkalan Baru.

Ketua HISKI Komda Bangka Belitung Dr Asyraf Suryadin menyatakan kegiatan ini diikuti 120 pemakalah dari berbagai daerah di Indonesia dan juga dari luar negeri, dengan pemakalah utama Prof Suminto A Sayuti dari UNY dan Dr Gautam Kumar Jha dari Javaharal Nehru University, India dan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi. 

"Sebagai tuan rumah kita berusaha menjadi tuan rumah yang baik bagi peserta yang datang dari seluruh pelosok negeri dari Sabang sampai Merauke dan juga dari luar negeri," ujarnya kepada Bangka Pos, melalui rilis, Rabu (19/9/2018).

Asyraf yang juga Ketua STKIP MBB ini menyatakan dari kegiatan ini dari sisi akademik akan memberikan nuansa baru bagi masyarakat Bangka Belitung terutama dalam bidang sastra, disamping itu hadirnya peserta dari berbagai daerah baik dalam maupun luar negeri bisa mengenalkan wisata di Babel.

"Selain itu juga dikenalkan sastrawan-sastrawan dari Babel yang selama ini belum dikenal masyarakat, mudah-mudahan dari sini nanti bisa lahir sastrawan-sastrawan baru di Babel," jelasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Iful Rahmawati Mega menyatakan penyelenggaraan konferensi ini bertujuan untuk menciptakan forum diskusi yang mendalam, khususnya dalam memanfaatkan sastra sebagai media untuk menciptakan harmonisasi kehidupan masyarakat.

"Sesuai temanya Sastra Menanamkan Harmonisasi Kehidupan, kita berharap kegiatan ini mampu menjadi solusi terhadap berbagai masalah di masyarakat," jelasnya.

Dikatakan Iful, kegiatan ini akan dibagi tiga sesi, dimana pada hari pertama atau pembukaan akan dilangsungkan di Hotel Santika dengan menghadirkan nara sumber utama, kemudian hari kedua dilanjutkan dengan presentasi makalah pendamping yang akan dilaksanakan di kampus STKIP MBB dan di hari ketiga akan dilanjutkan Wisata Budaya Bangka Belitung.

Dilanjutkan Iful disamping pemakalah utama kegiatan ini juga diikuti oleh pemakalah pendamping yang terdiri dari para ilmuwan sastra, sastrawan, seniman, budayawan dan peneliti sastra, baik dari dalam maupun luar negeri.

"Kami berharap kita semua mampu memberikan pelayanan kepada pihak tamu dari nasional ataupun internasional sehingga sekaligus mengenalkan ragam budaya, wisata dan kuliner di Bangka Belitung," pungkas Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP MBB ini.

Penulis: khamelia
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved