Breaking News:

Kanwil Kementrian Agama Babel Akui Belitung Timur Zero Konflik

Kabupaten Belitung Timur (Beltim), mendapat pengakuan sebagai Kabupaten Zero Konflik

posbelitung/suharli
Foto bersama FKUB kabupaten Belitung Timur di gedung pertemuan rumah makan Fega, Manggar. Kamis (20/9/2018) 

Laporan Wartawan Pos Belitung Suharli

BANGKAPOS.COM - Kepala Wilayah Kantor Kementerian Agama Bangka Belitung, Dr H Muhammad Ridwan menyampaikan Kabupaten Belitung Timur (Beltim), mendapat pengakuan sebagai Kabupaten Zero Konflik dari Kanwil Bangka Belitung dalam kerukunan umat beragama.

Hal ini disampaikan Ridwan diselah kegiatan, dialog lintas agama tingkat Kabupaten Belitung Timur tahun 2018, dengan tema merawat kerukunan di tahun politik yang dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung Timur.

"Hal ini tidak terlepas dari peran Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Beltim melalui diskusi-diskusi ketika muncul permasalahan," ujar Ridwan

Dilanjutkan Ridwan "Beltim zero konflik itu bagus. dari seluruh FKUB, ada waktu tertentu mereka berkumpul membawa persoalan atau rekomendasi disampaikan. nanti didiskusikan baru nanti dianalisis.

"Kalau ada persoalan kita cari solusinya, kita turunkan tim untuk mencari bagaimana penyelesaian. Sejauh ini tidak ada, alhamdulillah," katanya

Ridwan juga menyampaikan terkait dialog lintas agama, merupakan agenda Kementerian Agama yang dilaksanakan di setiap Kantor Kemenag Kabupaten Kota. Adapun capaian yang diharapkan adalah merawat kerukunan antar umat beragama.

"Bagaimana terus menjaga kerukunan umat apalagi ini memasuki tahun politik. Pasti disana sini akan ada kerawanan persinggungan, bibit perbedaan bisa jadi satu pertentangan. Nah ini yang kita maksudkan," kata Ridwan.

Ridwan menjelaskan menyadari pentingnya dialog lintas agama menjelang tahun politik (pemilu 2019), Kementerian Agama berupaya membuka ruang dialog dengan saling memberikan informasi, saling mengingatkan bahwa betapa pentingnya kerukunan beragama.

"Perbedaan pilihan, perbedaan pandangan itu sesuatu yang tidak bisa terhindarkan dan justru itu suatu rahmat untuk meningkatkan kualitas kehidupan umat," katanya.

Halaman
12
Penulis: Suharli
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved