Forum Pelangi Bertuah Sehat Lakukan Pembiayaan Kelembagaan

Forum Pelangi Bertuah Sehat melakukan pembinaan kelembagaan di kantor Kecamatan Tanjungpandan pada Jumat (21/9/2018).

Forum Pelangi Bertuah Sehat Lakukan Pembiayaan Kelembagaan
Bangka Pos / Adelina Nurmalitasari
Forum pelangi bertuah sehat lakukan pembinaan kelembagaan di Kecamatan Tanjungpandan pada Jumat (21/9/2018). 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Adelina Nurmalitasari

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Forum Pelangi Bertuah Sehat melakukan pembinaan kelembagaan di kantor Kecamatan Tanjungpandan pada Jumat (21/9/2018). Pembinaan dilakukan untuk memperkuat jaringan forum hingga tingkat kecamatan bahkan desa.

"Ini dilakukan demi menciptakan kabupaten sehat dan mandiri dengan melakukan pembinaan dan penyuluhan di tingkat kecamatan dan desa juga menjembatani aspirasi masyarakat," kata Ketua Umum Forum Pelangi Bertuah Sehat Ratna Leli Pancawati.

Ratna mengatakan forum yang berdiri sejak 2013 ini juga aktif melakukan berbagai kegiatan demi mendorong masyarakat yang bersih, sehat, dan mandiri.

Misalnya menggelar lomba desa sehat, kecamatan sehat, senam bersama yang menyentuh kehidupan masyarakat dengan bekerjasama dengan pihak terkait.

Bank sampah menjadi satu di antara program unggulan. Dijelaskannya, bank sampah yang dikelola pihaknya merekrut nasabah kelompok atau komunitas misal kelompok tani, kelompok perikanan, komunitas ibu-ibu RT.

Program kerja lainnya yang bisa diduplikasikan ke program desa sehat misalnya pos kamling.

"Karena sehat tidak hanya fisik, tapi juga kesehatan jiwa. Kegiatan pos kamling ini dapat dilakukan dengan melibatkan semua elemen masyarakat," jelasnya.

Dengan melakukan pembinaan kelembagaan, Ratna berharap kegiatan masyarakat dapat dibina hingga tingkat desa. Karena pihaknya yang akan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait.

"Sehingga masyarakat terbiasa hidup bersih, tidak hanya bersih lingkungan tapi bersih jiwa raga dan pikira serta memberikan contoh baik pada masyarakat," imbuhnya.(*)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved