Leisure Bangka Belitung

Peserta Kirab Pemuda Nasional 2018 akan Diajak City Tour Keliling Destinasi Wisata Bangka

Para peserta Kirab Pemuda Nasional 2018 yang akan singgah ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Peserta Kirab Pemuda Nasional 2018 akan Diajak City Tour Keliling Destinasi Wisata Bangka
bangkapos/nurhayati
Rapat pemantapan persiapan Kirab Pemuda 2018, Jumat (21/9/2018) di Ruang Rapat Bina Praja Kantor Bupati Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA  --  Para peserta Kirab Pemuda Nasional 2018 yang akan singgah ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dimana Kelurahan Matras Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka sebagai tuan rumahnya pada tanggal 3 hingga 7 Oktober nanti akan diajak study tour wisata ke berbagai destinasi wisata di Pulau Bangka.

Rencananya Panitia Penyelenggara Kirab Pemuda Nasional Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mengajak 50 peserta kirab dari berbagai daerah di Indonesia dengan melakukan city tour berwisata ke Musium Timah karena Babel terkenal penambangan timah, Jembatan Emas yang menjadi icon Babel, dan Puri Tri Agung yang menunjukan adanya harmonisasi di Babel.

"Para peserta Kirab nanti akan kita ajak belanja oleh-oleh di Sungailiat karena menjadi tuan rumah untuk meningkatkan perekonomian daerah," kata Kabid Pengembangan dan Pemberdayaan Pemuda Dispora Babel Ferdian Hermawan sekaligus Ketua Panitia Kirab Nasional 2018 di Babel saat rapat pemantapan persiapan Kirab Pemuda 2018, Jumat (21/9/2018) di Ruang Rapat Bina Praja Kantor Bupati Bangka.

Para peserta Kirab Pemuda 2018 ini juga akan diajak untuk melakukan senam dan,bakti sosial di Pantai Turun Aban Sungailiat dengan melakukan bersih-bersih pantai dan melakukan transpalantasi karang.

Diakui Ferdian yang akrab disapa Bob, terumbu karang di Pantai Turun Aban ini sudah banyak yang rusak sehingga dengan melakukan transplantasi terumbu karang maka peserta kirab juga bisa meninggalkan jejak untuk melestarikan alam.

Pada kegiatan baksos nanti, pihak Panitia Kirab Pemuda 2018 akan menyuguhkan beragam kuliner khas daerah Bangka seperti pantiau, lakso hingga bakwan kampung serta minuman jeruk kunci. Untuk dicicipi para peserta Kirab Pemuda Nasional yang berasal dari berbagai daerah di nusantara agar mereka mengenal kuliner daerah Bangka.

Selain itu juga para peserta akan mengikuti pawai budaya di Taman Kota Sungailiat. Dimana akan dilakukan kegiatan pentas seni hingga lomba masak dan lomba foto.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Babel Suharto, Babel beruntung menjadi titik singgah Kirab Pemuda Nasional 2018 karena belum tentu tahun selanjutnya bisa disinggahi peserta kirab. Diakuinya alokasi dana untuk kegiatan pemuda di Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia tidak besar yakni sebesar Rp 1,9 trilyun.

"Kita prihatin sekali tetapi kita berharap kegiatan Kirab Pemuda Nasional 2018 ini dimana Babel menjadi salah satu daerah yang menjadi titik singgah bisa sukses," harap Suharto.

Lurah Matras Farid berterima kasih karena Kelurahan Matras dipercaya sebagai tuan rumah kegiatan Kirab.

"Saat ini belum ada kendala. Sejauh ini koordinasi berjalan dengan baik, " kata Farid.

Sedangkan untuk homestay di Kelurahan Matras yang menjadi tempat menginap Kirab Pemuda Nasional 2018 sudah disurvei pihak Kemenpora RI dan juga panitia kirab tingkat provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Rapat pemantapan Kirab Pemuda Nasional 2018 ini juga diikuti Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Asep Setiawan, Ketua KNPI Kabupaten Bangka Syarli Nopriansyah, Perwakilan Polres Bangka dan undangan lainnya.

Penulis: nurhayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved