Petani Bawang di Bangka Tengah Panen Perdana, Ini Pesan dan Nasehat Bupati

Petani bawang di Desa Belilik, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah melaksanakan panen perdana bawang merah

Petani Bawang di Bangka Tengah Panen Perdana, Ini Pesan dan Nasehat Bupati
Ist
Petani bawang di Desa Belilik, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah melaksanakan panen perdana bawang merah bersama Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh, pada Sabtu (22/9/2018). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riki Pratama

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Petani bawang di Desa Belilik, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah melaksanakan panen perdana bawang merah, Sabtu (22/9/2018) kemarin.

Bupati Bateng Ibnu Saleh hadir dalam panen itu, ia menyampaikan bahwa panen ini sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kepada para kelompok tani, Kades dan penyuluh menjadi faktor yang membantu suksenya panen ini.

"Terimakasih atas kerja keras kita bersama sehingga panen bawang kita pada musim ini tembus 17 ton," jelas Ibnu Saleh dalam kegiatan itu, Sabtu (22/9/2018)

Selain menanam bawang Ibnu saleh juga mengajak masyarakat untuk menanam cabe, dan jagung di lahan eks tanaman padi, karena menurutnya sekarang harga cabe selalu mahal serta jagung sangat banyak manfaatnya.

"Mari ubah pola pikir kita menjadi seorang pebisnis, layaknya pengusaha kita harus bisa membaca serta menganalisa peluang sehingga apa yang kita tanam harus berhasil dan membuat kita untung, perhitungkan modal dan untung yang didapatkan,"tukasnya

Ia juga menegaskan agar jaringan antar desa dengan dinas Pertanian, Dinas Pangan dan Disperindag harus kuat, sehingga bisa memberikan feedback yang baik kepada petani.

"Saya menyarankan kepada masyarakat, kalau ada modal carilah lahan untuk kita bercocok tanam, jangan tinggalkan bidang pertanian, perikanan dan pertenakan, karena dengan ini kita bisa menambahkan penghasilan kita, kembangkan usaha usaha yang ada di kampung kita sampai berhasil minimal perbulan berpenghasilan Rp 2 juta keatas,"lanjutnya

Terakhir Ibnu saleh berpesan kepada para petani untuk tetap semangat, kerja keras, dan selalu berdoa kepada Allah SWT sebelum bercocok tanam.(*)

Penulis: Riki Pratama
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved