BI Prediksi Nilai Tukar Rupiah Melemah hingga Tahun Depan

Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Bangka Belitung memprediksi nilai tukar rupiah terhadap dollar AS akan melemah hingga 2019 mendatang.

BI Prediksi Nilai Tukar Rupiah Melemah hingga Tahun Depan
Bangka Pos / Yudha Palistian
Gedung Baru Bank Indonesia Kantor Perwakilan Bangka Belitung yang berlokasi di wilayah perkantoran Gubernur Babel, Air Itam, Pangkalpinang. 

Laporan Wartawan Bangkapos,  Yudha Palistian

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Bangka Belitung memprediksi nilai tukar rupiah terhadap dollar AS akan melemah hingga 2019 mendatang.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Edhi Rahmanto Hidayat,  menuturkan hal tersebut jika ditarik secara rasional dengan melihat kondisi kurs rupiah saat ini yang masih dikisaran  antara Rp 14.300 hingga Rp 14.700.

"Saat ini kami dengan melihat situasi global masih cukup menantang, serta tidak hanya rupiah saja yang melemah," ungkapnya kepada Bangkapos,  Selasa (25/9) usai melakukan Seremonial Penutupan Kas Keliling Dipulau Terdepan, Terluar dan Terpencil.

Ia juga menambahkan, anggapan salah yang menyebutkan bahwa nilai tukar rupiah yang menembus Rp 15.000 per dollar Amerika Serikat (AS) sama dengan krisis ketika 1998 silam.

"Kondisi yang terjadi antara tahun ini dengan 1998 tidak bisa disamakan satu sama lain," ungkapnya.

Selain itu,  nilai tukar itu adalah salah satu indikator ekonomi yang namanya relative price, yaitu harga relatif, itu tidak bisa dilihat sebagai angka absolut.(*)

Penulis: Yudha Palistian
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved