Lahan Seluas 6 Hektare di Kawasan GOR Sahabudin Terbakar

penyebab api kemungkinan diduga karena puntung rokok yang dibuang orang disini. Kan ada lahan kebun orang di dalam

Lahan Seluas 6 Hektare di Kawasan GOR Sahabudin Terbakar
ist
Kebakaran hutan dan lahan di sekitar kawasan tersebut sejak sekitar pukul 14.20 WIB. di kawasan GOR Sahabudin, perkantoran pemerintah Provinsi Bangka Belitung, Kamis (27/9/2018). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepulan asap menyelimuti langit di sekitar kawasan GOR Sahabudin, perkantoran pemerintah Provinsi Bangka belitung, Kamis (27/9/2018).

Telah terjadi kebakaran hutan dan lahan di sekitar kawasan tersebut sejak sekitar pukul 14.20 WIB.

Pantauan bangkapos.com, sekitar pukul 17.00 WIB, api masih berkobar dan terus dilakukan upaya pemadaman oleh tim pemadam kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Bangka belitung.

Kepala bidang Linmas Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Babel, Yurinalika, didamping Kepala seksi bina potensi masyarakat dan pemadam kebakaran Lio Nindra, mengatakan api yang membakar lahan milik pemerintah provinsi ini, bukan baru kali ini terjadi.

Pihaknya kerap mendapati laporan mengenai kebakaran pada kawasan ini.

"penyebab api kemungkinan diduga karena puntung rokok yang dibuang orang disini. Kan ada lahan kebun orang di dalam sana." kata Yurinalika saat ditemui di kawasan GOR Sahabudin, Kamis (27/9/2018).

Kronologi mula nya kebakaran dijelaskan oleh Kepala seksi bina potensi masyarakat dan pemadam kebakaran, Lio Nindra, yang menuturkan pihaknya mendapati laporan adanya kebakaran pada siang tadi.

Dengan berkoordinasi antara pemadam kebakaran Provinsi Babel dan BNPB Bangka belitung, pihaknya kemudian menurunkan personil untuk mengupayakan pemadaman kobaran api.

Empat unit armada pemadam kebakaran dikerahkan untuk menghentikan api yang memangsa. Baik itu armada milik pemadam kebakaran Provinsi Babel, pemerintah Kota Pangkalpinang dan bantuan dari BNPB Provinsi Bangka belitung.

Menurut Lio, ada dua titik lahan yang dimangsa oleh si jago merah ini, yaitu lahan tepat di sebelah GOR Sahabudin.

Kemudian kobaran api merambat hingga ke tepi jalan utama menuju arah GOR Sahabudin (dari arah simpang padang baru).

"hingga sekitar pukul 17.00 WIB, api masih membakar kawasan ini. Personil terus berupaya melakukan pemadaman dan akan standby disini sampai kondisi dinilai sudah pulih." tambah Lio.

Ia menambahkan, kobaran api memakan sekitar 6 hektare luas lahan di kawasan ini.(*)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved