Gempa Donggala Sulawesi Tengah

Gempa Donggala Palu - Petugas ATC Anthonius Meninggal Setelah Bantu Pesawat Take Off di Bandara Palu

Sampai Batik air take off dari bandara, ia belum mau menyelamatkan diri, dan baru lompat dari lantai 4 menara pengatur lalu lintas udara.

Gempa Donggala Palu - Petugas ATC Anthonius Meninggal Setelah Bantu Pesawat Take Off di Bandara Palu
Handover
Anthonius Gunawan Agung 

BANGKAPOS.COM, MAKASSAR - Gempa bumi berkekuatan 7,7 SR yang mengguncang Donggala, Palu, dan sekitarnya, Jumat petang kemarin, menyisakan duka mendalam.

Puluhan korban jiwa berjatuhan, ratusan bangunan rusak, dan ratusan orang lainnya luka-luka.

Salah satu korban meninggal adalah Anthonius Gunawan Agung.

Ia adalah petugas Air Traffic Contoroller (ATC) yang bekerja di Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufrie, Palu, Sulawesi Tengah.

Baca: Gempa Donggala Sebabkan Kerusakan Parah, Tower ATC Roboh, Bandara di Palu Ditutup

Ada cerita heroik di balik kematiannya, dimana Anthonius masih sempat membantu pesawat Batik Air take off saat gempa bumi terjadi.

Di saat sebagian petugas ATC menyelamatkan diri, Anthonius memilih menyelesaikan tugasnya menuntun pesawat Batik Air untuk lepas landas.

Sampai Batik air take off dari bandara, ia belum mau menyelamatkan diri, dan baru lompat dari lantai 4 menara pengatur lalu lintas udara setelah pesawat tersebut mengudara.

Akibat melompat dari ketinggian, Anthonius mengalami patah kaki, dan sempat dibawa ke RS dengan heli, tapi nyawanya tak tertolong dan akhirmya meninggal dunia.

Baca: Gempa dan Tsunami Palu Donggala - KM Sabuk Nusantara 39 Terhempas ke Atas Pelabuhan

Kepergian Anthonius meninggalkan duka bagi rekan-rekannya di AirNav, termasuk kapten pilot Batik Air yang dibantu take off oleh Anthonius.

Dalam sebuah gambar percakapan singkat, sang pilot bahkan mengungkapkan komunikasi terakhirnya dengan Anthonius.

"Oh Tuhan, ini beliau meninggal? Ya ampoon jadi netesin air mata. Last transmisision was ' Batik 6231 R/W 33 clear for take off' and i replied. Thank you for letting me take off. God be with you. So sad and so sorry." kata pilot tersebut.

Baca: Tsunami Masih Menerjang Palu, tapi BMKG Sudah Akhir Peringatan Dini, Ini Penjelasannya

Seperti diketahui, Kabin tower lantai 4 di Bandara Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufrie roboh akibat gempa, sehingga peralatan komunikasi tidak dapat diselamatkan, yang akhirnya membuat bandara harus ditutup sementara. (Tribun Timur/Fahrizal Syam)

Artikel ini telah tayang di tribun-timur.com dengan judul Aksi Heroik Anthonius, Meninggal Setelah Bantu Pesawat Take Off dari Bandara Palu, http://makassar.tribunnews.com/2018/09/29/aksi-heroik-anthonius-meninggal-setelah-bantu-pesawat-take-off-dari-bandara-palu.

Follow Akun Twitter Bangka Pos:

Editor: fitriadi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved