Perayaan Pat Ngiat Pan di Puri Tri Agung Angkat Harmonisasi Serumpun Sebalai

Ribuan warga menyerbu Puri Tri Agung saat perayaan Pat Ngiat Pan atau yang dikenal dengan Moon Cake Festival yakni Festival Kue Bulan, Sabtu

Perayaan Pat Ngiat Pan di Puri Tri Agung Angkat Harmonisasi Serumpun Sebalai
Bangkapos/Nurhayati
Ketua Panitia Penyelenggara Pat Ngiat Pan Puri Tri Agung Bambang Pattijaya saat menyampaikan sambutannya pada perayaan Pat Ngiat Pan, Sabtu (29/9/2018) malam di Puri Tri Agung Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Ribuan warga menyerbu Puri Tri Agung saat perayaan Pat Ngiat Pan atau yang dikenal dengan Moon Cake Festival yakni Festival Kue Bulan, Sabtu (29/9/2018) malam.

Perayaan Pat Ngiat Pan ini dimeriahkan dengan berbagai hiburan diantaranya pedangdut ibukota asal Babel Yendri LIDA KDI, Thum Kuang Fuk penyanyi asal Toboali yang sudah terkenal di mancanegara, Hery Wu penyanyi asal Pontianak yang menjuarai Festival Lagu Mandarin di Beijing, Cintya Ciang.

Hingga Barongsai Bodhi Dharma Shaolin yang sudah memenangkan berbagai kejuaraan barongsai tingkat nasional dan internasional.

Diakui Ketua Panitia Penyelenggara Pat Ngiat Pan Puri Tri Agung Bambang Pattijaya, perayaan Pat Ngiat Pan pada tahun 2018 ini bertema Keharmonisan Serumpun Sebalai.

Perayaan Moon Cake Festival ini setiap tahun diadakan oleh pihak Puri Tri Agung Sungailiat.

Pada kesempatan ini mengajak masyarakat Bangka Belitung untuk mendoakan masyarakat Donggala dan Palu yang tertimpa musibah tsunami dengan mengheningkan cipta.

"Saya mengajak mari kita berdoa untuk kesuksesan, kebahagiaan, kesehatan kita semua. Saya mengajak kita semua hening sejenak menunjukan keprihatinan kita terhadap masyarakat yang terkena musibah tsunami di Palu dan Donggala," ajak Bambang kepada warga yang hadir pada Moon Cake Festival.

Menurutnya Puri Tri Agung sangat mendukung hubungan keharmonisan di masyarakat. Di Pulau Bangka ini masyarakatnya terkenal dengan istilah Tongin Fangin Tjit Jong yang artinya Melayu-Cina sama saja yang merupakan cermin eratnya kebersamaan walaupun berbeda suku, agama, ras dan antar golongan.

Semua lapisan masyarakat membaur menghadiri perayaan Pat Ngiat Pan dari berbagai daerah tidak hanya dari Kabupaten Bangka tetapi juga Bangka Barat, Bangka Selatan, Bangka Tengah dan Pangkalpinang.

Menurut Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Babel Tarmin AB mewakili Gubernur Babel H Erzaldi Rosman Djohan, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka sangat mendukung perayaan Pat Ngiat Pan atau Festival Kue Bulan yang diselenggarakan Puri Tri Agung.

Perayaan Pat Ngiat Pan ini bisa menjadi agenda pariwisata yang mengangkat potensi wisata di Kabupaten Bangka.

Dia menilai perayaan ini dari tahun ke tahun semakin ramai dan berkembang sehingga banyak warga yang hadir untuk melihat langsung Moon Cake Festival.

Tarmin berpesan agar masyarakat pada tahun politik ini tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Mari dalam pesta demokrasi pada tahun 2019 nanti kita mengunakan hak pilih sesuai hati nurani, jangan sampai masyarakat tidak menggunakan hak pilihnya. Pemerintah daerah mengajak masyarakat mensukseskan pesta demokrasi karena pesta kita semua," pesan Tarmin.

Pada kesempatan ini Penyanyi Dangdut Jebolan Liga Dangdut Yendri mengajak para pejabat diantaranya Ketua DPRD Kabupaten Bangka Parulian, Anggota DPD RI Bahar Buasan, Pengusaha Alexander Fransiscus, Tokoh Masyarakat Tionghoa Agung Setiawan, Pengusaha Bambang Pattijaya, Pengusaha Then Johanes dan undangan lainnya untuk bergoyang dengan mendendangkan lagu Terajana.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved