Warga Babel Termasuk Banyak yang Rentan Bermasalah dengan Produk dan Layanan Jasa Keuangan

Ini indikasi cukup banyak masyarakat menjadi nasabah lembaga jasa keuangan tetapi sesungguhnya kurang paham terhadap produk

Warga Babel Termasuk Banyak yang Rentan Bermasalah dengan Produk dan Layanan Jasa Keuangan
BANGKA POS/DEDY QURNIAWAN
Deputi Direktur Pengembangan Kebijakan Perlindungan Konsumen OJK, Rela Ginting saat menyampaikan soal Edukasi dan Perlindungan Konsumen pada Media Gathering OJK KR 7 Sumbagsel, 28-29 September 2018. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BOGOR- Masih banyak masyarakat yang menjadi nasabah lembaga jasa keuangan seperti bank, asuransi, dan bentuk jasa keuangan lainnya justru tak paham pada produk dan jasa keuangan yang mereka akses.

Ini membuat masyarakat rentan bermasalah pada produk dan layanan jasa keuangan yang mereka akses.

Ini dapat dilihat dari indeks literasi dan inklusi keuangan yang diukur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2016 yang dipaparkan pada acara Media Gathering OJK Kantor Regional 7 Sumatera bagian Selatan bersama 56 jurnalis berbagai media massa di Sumatera bagian Selatan di Aston Hotel, Sentul, Bogor, Jumat (28/9/2018).

Di kawasan Sumatera bagian Selatan, Bangka Belitung termasuk satu dari lima provinsi yang warganya diindikasikan demikian.

Dari lima Provinsi di Sumatera bagian Selatan, tingkat literasi keuangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berada pada urutan kedua tertinggi.

Babel memiliki tingkat literasi keuangan sebesar 29,5% (nasional:29,7%), di bawah Sumatera Selatan, di posisi teratas 31,3 %,

Sementara tingkat inklusi keuangan Babel berada di posisi ketiga (69,1 %) di bawah Sumsel (72,4%) dan Lampung (69,8%).

Dua provinsi lainnya berturut-turut di bawah Babel adalah Bengkulu (67,3%) dan Jambi (66,9%).

Menurut Rela, perbandingan statistik antara indeks literasi dan inklusi keuangan tersebut menunjukkan ketidakmengertian masyarakat mengenai produk dan jasa keuangan yang mereka gunakan

Halaman
123
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved