Bambang Patijaya Ajak Warga Babel Berbagi Kebahagiaan Kepada Sesama

Pada intinya, hikmah di balik kisah diadakannya Moon Festival ini adalah berkumpul bersama, dan berbagi kebahagiaan

Bambang Patijaya Ajak Warga Babel Berbagi Kebahagiaan Kepada Sesama
ist

BANGKAPOS.COM--Tokoh pemuda Bangka Belitung, Bambang Patijaya, mengajak masyarakat untuk berbagi kebahagiaan kepada sesama, melalui acara Pat Ngiat Pan atau Moon Festival, yang diadakan di Pelataran Puri Agung, Pantai Tikus, Sungailiat, Kabupaten Bangka.

"Jadi intinya ini kita mau berbagi kebahagiaan dengan masyarakat lewat perayaan Moon Festival ini," ujar Bambang, yang juga menjadi ketua panitia Moon Festival.

Ketua Panitia Penyelenggara Pat Ngiat Pan Puri Tri Agung Bambang Pattijaya saat menyampaikan sambutannya pada perayaan Pat Ngiat Pan, Sabtu (29/9/2018) malam di Puri Tri Agung Sungailiat.
 Bambang Pattijaya saat menyampaikan sambutannya pada perayaan Pat Ngiat Pan, Sabtu (29/9/2018) malam di Puri Tri Agung Sungailiat. (Bangkapos/Nurhayati)

Bambang pun sedikit menerangkan sejarah diadakannya Moon Festival tersebut. Katanya, di dalam Moon Festival ini memiliki sejarah alam semesta, di mana pada malam diadakannya perayaan, titik terdekat bulan dengan bumi.

"Jadi bulan itu maksimal purnamanya," kata Bambang, yang saat ini mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dari Bangka Belitung.

Selain itu, lanjut Bambang bercerita, sejarah lainnya kenapa diadakan Moon Festival tersebut berawal dari kekeringan yang sangat panjang di Cina.

Jadi dulu itu ada hikayat, dalam hikayat itu konon katanya di zamam dulu ribuan tahun lalu, di Cina, di Tingkok itu masyarakat itu mengalami kekeringan katanya, kemudian ada ditemukan mataharinya banyak, kemudian ada seseorang yang memanah matahari itu, tinggal tersisa satu," paparnya.

"Tapi kemudian kekasih dari pahlawan itu dia memakan semacam sesuatu yang berkhasiat yang membuat umurnya panjang, dia ingat kemudian terbang ke bulan katanya. Dan patah hatilah pahlawan tersebut. Nah untuk memperingati itu diadakanlah festival seperti ini katanya seperti itu," lanjut Bambang

Pada intinya, hikmah di balik kisah diadakannya Moon Festival ini adalah berkumpul bersama, dan berbagi kebahagiaan kepada sesama, agar tumbunya hubungan baik antar sesama.(*)

Penulis: Iwan Satriawan
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved