Kampus Diminta Perkuat Identitas Kebangsaan

Berita bohong atau hoax dan benturan peradaban yang kini marak, ternyata berimplikasi pada redupnya diskusi atau diskursus tentang wawasan kebangsaan

Diskusi Kebangsaan -- Suasana diskusi Kebangsaan bertemakan ‘Penataan Kewenangan MPR RI’ di Ruang Rapat Besar Rektorat UBB, Balunijuk, Bangka, Senin (1/10/2018) siang. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Berita bohong atau hoax dan benturan peradaban (clash civilization) yang kini marak, ternyata berimplikasi pada redupnya diskusi atau diskursus tentang wawasan kebangsaan.

Padahal diskusi kebangsaan itu penting digelar untuk memperkuat identitas kebangsaan.

Dalam kaitan ini, kampus  sebagai agen perubahan dan pembangunan diharapkan mampu untuk merevitalisasi nilai-nilai kebangsaan, yang selanjutnya dapat menggairahkan kembali diskusi kebangsaan bagi memperkuat jaridiri bangsa.

Butir pemikiran ini tercuat dari sambutan Drs Ahmaz Zacky Siradj, anggota Badan Pengkajian MPR RI dari Partai Golkar, ketika membuka diskusi Kebangsaan bertemakan ‘Penataan Kewenangan MPR RI’ di Ruang Rapat Besar Rektorat UBB, Balunijuk, Bangka, Senin (1/10/2018) siang.

Pembukaan diskusi dihadiri Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi, Dekan Fakultas Hukum (FH) Syamsul Hadi SH MH, Wakil Dekan I Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi Wahyu Adi SPi MSi, Wakil Dekan II Fakultas Ekonomi Suhaidar SE MSi, Ketua LP3M M Jumnahdi ST MT, Derita Prapti Rahayu SH MH, Yokotani SH MH (dosen FH), Ranto Sip MA (dosen Fisip) dan sejumlah dosen UBB lainnya.

Diskusi kebangsaan berlangsung dalam lima segmen, dipandu Imron Rosyadi dan Dina Amalia Hutahuruk dari Jakarta.

Narasumber utama diskusi yang dihadiri 170 mahasiswa Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) UBB ini berasal dari MPR RI dan UBB.

Narasumber dari MPR RI adalah Drs H Ahmaz Zacky Suradj, Syarief Abdullah Alkadrie SH MH (anggota Badan Pengkajian MPR, asal Nasdem), Drs Yana Indrawan MSi (Kepala Biro Pengkajian, Setjen MPR) dan Tommy Andana SIP MAP (Kepala Bagian Pengolahan Data Pengkajian).

Sedangkan empat narasumber dari UBB adalah Dr Dwi Haryadi SH MH, Dr Faisal SH MH dan Toni SH (seluruhnya dosen FH) dan Dr Ir Muh Yusuf MSi (Rektor UBB).

Rektor UBB Muh Yusuf dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada MPR RI atas apresiasinya yang memercayai UBB sebagai ‘host’ atau tuan rumah diskusi kebangsaan yang mengambil tema penting dan menarik yaitu Penataan Kewenangan MPR RI.

Halaman
12
Penulis: Herru W
Editor: zulkodri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved