Pelaksanaan Vaksin Measles Rubella Diperpanjang Hingga Akhir Oktober

Pihaknya saat ini sedang menggencarkan kampanye vaksin MR kepada masyarakat, mengenai penyakit menular yang diturunkan oleh Rubella ini

Pelaksanaan Vaksin Measles Rubella Diperpanjang Hingga Akhir Oktober
Bangka Pos / Ira kurniati
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Ristum Alamsyah 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Ristum Alamsyah, didampingi Kepala seksi surveilans dan imunasi, Rosdiana, mengatakan pihaknya sudah mendapati instruksi dari Kementerian Kesehatan melalui Dinas Kesehatan Provinsi Bangka belitung, mengenai perpanjangan waktu pelaksanaan vaksin Measles Rubella (MR), hingga pada 31 oktober mendatang.

Perpanjangan kampanye vaksin MR ini, berdasarkan surat keputusan Menteri Kesehatan, yang menyebutkan dalam suratnya, capaian sampai pada tanggal 20 september 2018 secara nasional, adalah 48,8 persen.

"Capaian MR di Pangkalpinang khususnya, belum tercapai. Kita gencarkan melakukan audiensi ke berbagai sekolah, alhamdulillah masyarakat kita sudah mulai paham bagaimana dampak dari penyakit infeksi yang menular ini. Kita berikan pemahaman kepada masyarakat, baik itu ibu-ibu ataupun anak-anak tentang manfaat suntik MR. Dan saat ini respon dari masyarakat semakin meningkat." kata Ristum, Senin (1/10/2018).

Ristum menambahkan, pihaknya saat ini sedang menggencarkan kampanye vaksin MR kepada masyarakat, mengenai penyakit menular yang diturunkan oleh Rubella ini.

Juga mengenai manfaat dari vaksin yang diberikan kepada balita usia 9 bulan hingga anak-anak berusia 15 tahun.

"lebih baik mencegah daripada mengobati. Penyakit ini perlu disikapi dengan bijak agar tidak terjadi musibah, terutama pada generasi muda kita." tambahnya.

Ia berharap, masyarkat di Kota Pangkalpinang pada rentang usia tersebut, yang belum melakukan vaksinasi Measles Rubella, dapat segera memberikan suntik ini, karena dinilai memiliki manfaat yang besar untuk mencegah infeksi penyakit menular ini.(*)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved