Akta Kelahiran Belum Capai Target, Dukcapil Pangkalpinang Akan Gelar Sidang Isbat Nikah

Masalah dokumen kependudukan khususnya Akta Kelahiran Anak sampai saat ini masih berada dibawah target pencapaian.

Akta Kelahiran Belum Capai Target, Dukcapil Pangkalpinang Akan Gelar Sidang Isbat Nikah
bangkapos/edwardi
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Pangkalpinang, Armada 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM -- Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Pangkalpinang, Armada mengungkapkan Dukcapil Pangkalpinang mendapat nilai raport 81,90. Salah satu penilaian dari target pencapaian perekaman e-KTP yang mencapai 103 lebih persen atau sudah melebihi target.

Namun masalah dokumen kependudukan khususnya Akta Kelahiran Anak sampai saat ini masih berada dibawah target pencapaian.

"Kita yang anjloknya itu masalah kepemilikan Akta Kelahiran Anak yang baru mencapai 80 an persen karena masyarakat banyak tidak mau mengurus Akta Kelahiran Anaknya karena menikah secara siri," kata Armada di kantornya, Rabu (03/10/2018).

Dilanjutkannya karena itu pada bulan Oktober ini, Dukcapil Pangkalpinang akan melaksanakan isbat nikah bagi pasangan nikah siri.

"Nanti kita buka tiga ruangan di kantor Dukcapil ini untuk melaksanakan sidang isbath nikah oleh petugas pengadilan agama. Sidang isbat nikah ini untuk semua pasangan lintas agama," ujarnya.

Ditambahkannya, untuk kegiatan sidang isbat nikah ini dibiayai Pemkot Pangkalpinang, jadi pesertanya tidak usah membayar atau gratis, bahkan akan disiapkan pesta resepsinya usai pelantikan walikota yang baru.

"Saat ini kita masih terus melakukan pendataan peserta, bila sudah terkumpul banyak baru kita laksanakan sidang isbat nikahnya," tukasnya.

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved