Harga Lada Murah, Bahar Buasan: Kita Akan Perjuangkan Naik

Bagaimana pemerintah ikut menstabilkan harga, juga bagaimana peran Kementerian Pertanian membimbing soal efisiensi dan

Harga Lada Murah, Bahar Buasan: Kita Akan Perjuangkan Naik

BANGKAPOS.COM--Anggota DPD RI asal Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Bahar Buasan melakukan upaya agar Pemerintah Pusat dapat menstabilkan harga komoditi pertanian khususnya pada komuditas lada.

Upaya ini dilakukan karena Bahar prihatin terhadap petani yang kena imbas akibat harga komoditi lada yang anjlok.

"Bagaimana pemerintah ikut menstabilkan harga, juga bagaimana peran Kementerian Pertanian membimbing soal efisiensi dan produk," ucap Bahar.

Selain itu anggota DPD RI ini juga mendorong pemerintah agar gencar melakukan sosialisasi kepada para petani agar maksimal dalam memanfaatkan teknologi dalam pertanian.

Agar setiap petani dapat menikmati hasil produksi yang tinggi.

"Bagaimana memanfaatkan teknologi untuk mengatasi penyakit dan bagaimana kita bertani itu bisa efisien dan meningkatkan produktifitas yang tinggi," ucapnya.

Di pasaran Bangka saat ini harga lada mengalami penurunan yang sangat signifikan. Berkisar antara 30 – 40 ribu perkilonya.

Berbeda dengan harga pada tiga semester sebelumnya yang berkisar antara 90 – 140 ribu perkilonya.

Ditengah-tengah anjloknya nilai jual lada di Babel, Bahar mengajak petani agar dapat mengolah hasil pertanian tersebut menjadi barang jadi agar meningkatkan nilai jual produk tersebut.

"Kita jangan tergantung pada cara yang konvensional, hanya menjual hasil pertanian kita. Tapi bagaimana meningkatkan value (nilai) dari produk, agar nilainya lebih baik," tutup Bahar.(*)

Penulis: Iwan Satriawan
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved