Waspada Penipuan, Dinas Koperasi dan UMKM Babel Ungkap Modus Koperasi Abal-Abal

Masyarakat diminta untuk hati-hati terhadap koperasi abal-abal yang menawarkan berbagai kemudahan dan bisa memberikan pinjaman yang besar.

Waspada Penipuan, Dinas Koperasi dan UMKM Babel Ungkap Modus Koperasi Abal-Abal
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Babel, Elviyena. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM - Masyarakat diminta untuk hati-hati terhadap koperasi abal-abal yang menawarkan berbagai kemudahan dan bisa memberikan pinjaman yang besar.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Babel, Elviyena meminta masyarakat waspada dan tidak mudah tertipu dengan modus oknum tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan koperasi dengan dalih menawarkan pinjaman bunga rendah.

Elviyena menyebutkan ada beberapa modus yang dilakukan oknum koperasi abal-abal seperti memberikan bunga rendah dibawah 7 persen, tanpa agunan, dan memberikan kemudahan administrasi bagi yang ingin meminjam uang, dan meminta untuk mentransfer sejumlah uang di awal dengan dalih biaya administrasi.

Ia menyebutkan, di Babel hingga saat ini belum ada laporan masyarakat terkait koperasi abal-abal dan belum menimbulkan keresahan di masyarakat. Namun, hal ini sudah terjadi di beberapa daerah sehingga perlu diwaspadai.

"Di Babel belum ada kejadiannya ,tapi kita harus waspada untuk mengingatkan masyarakat agar tidak tergiur kalau ada yang menawarkan yang begitu," kata Elviyena, Senin (8/10/2018).

Ia meminta masyarakat untuk bisa melaporkan ke dinas koperasi kabupaten/kota jika ada yang menawari hal seperti ini. Masyarakat juga bisa melakukan pengecekan legalitas koperasi melalui dinas koperasi.

"Koperasi yang legal ini memiliki badan hukum, dan terdata. Masyarakat bisa tanya dulu dinas koperasi atau cek terdata tidak koperasi uang menawarkan itu," katanya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved