Dekranasda dan BI Cabang Babel Beri Pelatihan Untuk Penenun Kain Cual Bangka Barat

Penenun kain cual di Kabupaten Bangka Barat tepatnya di Kelurahan Tanjung Kecamatan Muntok diberi pelatihan hingga peralatan untuk menenun

Dekranasda dan BI Cabang Babel Beri Pelatihan Untuk Penenun Kain Cual Bangka Barat
Bangkapos/Nordin
Penenun di Muntok Kabupaten Bangka Barat diberi peningkatan kapasitas, Jumat (12/10) 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nordin

BANGKAPOS.COM -- Penenun kain cual di Kabupaten Bangka Barat tepatnya di Kelurahan Tanjung Kecamatan Muntok diberi pelatihan hingga peralatan untuk menenun, Jumat (12/10)

Rencananya kegiatan yang difasilitisasi oleh Bank Indonesia (BI) cabang Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bekerjasama dengan Dekranasda Babel ini akan berlangsung mulai 12 - 25 Oktober nanti.

"Kenapa Muntok dipilih untuk kegiatan ini, karena daerah ini memiliki potensi yang melimpah, salah satunya kain cualnya. Ini harus dipertahankan agar bisa dikenal masyarakat luas dan bisa diwariskan kegenerasi mendatang," sebut Kepala bidang Manajemen Dekranasda Babel Elfiena dihadapan tamu dan undangangan saat pembukaan acara di Kantor Lurah Tanjung, Jumat (12/10)

Dia pun berharap peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat memanfaatkannya dengan baik. Program ini juga dapat berkembang, dan bisa mengangkat perekonomian masyarakat.

Sementara Asisten Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia cabang Babel Edi Rachmanto Hidayat menyampaikan, sejak kehadiran kantor cabang BI di Babel, pihaknya konsisten membangun usaha kecil masyarakat.

"Kami melihat di Babel ada UMKM yang perlu ditingkatkan yaitu tenun cual, ini sangat langka sekali dan harus dikembangkan, kami juga memiliki klaster yakni di Bangka Tengah yakni cabai dan Belitung." ungkapnya

Penulis: Muhammad Noordin
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved