Besok, M. Sopian Akan Dilantik Jadi Walikota Pangkalpinang Definitif

Pelaksana tugas (Plt) Walikota Pangkalpinang M. Sopian dijadwalkan akan dilantik menjadi Wali Kota Pangkalpinang definitif

Besok, M. Sopian Akan Dilantik Jadi Walikota Pangkalpinang Definitif
bangkapos/edwardi
Plt Walikota Pangkalpinang, M Sopian 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BANGKA  - Pelaksana tugas (Plt) Walikota Pangkalpinang M. Sopian dijadwalkan akan dilantik menjadi Wali Kota Pangkalpinang definitif, Selasa (16/10/2018). Berdasarkan jadwal yang diperoleh bangkapos.com, besok Sopian akan dilantik oleh Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan di ruang Pasirpadi, Kantor Gubernur Babel.

Mantan Camat Rangkui itu menjadi Wali Kota Pangkalpinang definitif setelah beberapa waktu belakangan menjabat Plt. Wali Kota Pangkalpinang. Ia mengisi jabatan yang ditinggalkan Wali Kota Pangkalpinang sebelumnya, Irwansyah, yang mengundurkan diri karena mengikuti Pemilihan Gubernur Sumatera Selatan 2018.

"Informasi dari Biro Pemerintahan Pemprov Babel, pelantikan Pak Sopian menjadi Walikota akan dilaksanakan Selasa (besok) pukul satu siang di lantai tiga Kantor Gubernur Babel," kata Suparyono dikonfirmasi bangkapos.com, Senin (15/10/2018).

Suparyono mengatakan, pihaknya juga telah mendapatkan dan menyebarkan undangan pelantikan ini.

"Rencananya ada sekitar 60 undangan yang kami sebarkan," ujarnya.

Berdasarkan masa jabatan Wali Kota Pangkalpinang 2013-2018, jabatan Wali Kota Pangkalpinang akan berkahir pada 14 November 2018. Ini artinya, Sopian akan menjabat sebagai Wali Kota Pangkalpinang definitif tak sampai selama satu bulan.

Belum ada kepastian waktu Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih (Maulan Aklil dan M.Sopian) Pangkalpinang 2018-2023 akan dilantik. Namun jika berdasarkan surat terakhir dari Kemendagri pada Juni 2018 lalu mengenai pelantikan kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2018, maka pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pangkalpinang terpilih akan dilakukan pada Desember 2018 dan kekosongan jabatan akan diisi oleh Pelaksana harian (Plh) atau Pejabat sementara (Pjs).

Terkait ini, Suparyono mengatakan, informasi yang pihaknya terima adalah Gubernur Babel berencana untuk segera melantik Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih periode 2018-2023 begitu masa jabatan Wali Kota Pangkalpinang 2013-2018 habis pada 14 November 2018 mendatang.

"Pak Gubernur akan mengupayakan dipercepat sesuai aturan," kata dia. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved