Plt Walikota Pangkalpinang M. Sopian Kritik Peringatan BBGRM XV di Pangkalpinang

M Sopian menyindir sepinya partisipasi masyarakat dan aparatur pemerintahan pada acara puncak peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat

Plt Walikota Pangkalpinang M. Sopian Kritik  Peringatan BBGRM XV di Pangkalpinang
Bangka Pos / Dedy Qurniawan
Penanaman pohon oleh Plt. Wali Kota Pangkalpinang M. Sopian pada acara puncak peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XV Pangkalpinang di kawasan Taman Mandara, Kecamatan Taman Sari, Selasa (16/10/2018). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Plt Wali Kota Pangkalpinang M Sopian menyindir sepinya partisipasi masyarakat dan aparatur pemerintahan pada acara puncak peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XV Pangkalpinang di Taman Mandara, Kecamatan Taman Sari, Selasa (16/10/2018) pagi.

Pantauan Bangka Pos di lokasi acara, kursi yang disediakan di bawah tenda tempat berlangsungnya acara memang banyak yang kosong.

Kata Sopian, BBGRM adalah program nasional yang dilakukan di seluruh Indonesia. Tahun ini, di usia pelaksanaannya telah 15 tahun, dia mengajak mengevaluasi pelaksanaannya di Pangkalpinang.

"Pangkalpinang sendiri, pagi hari ini, alhamdulillah masih sepi, masih banyak kursi yang kosong. Ini menanadakan rendahnya suatu paritisipasi masyarakat dan pemerintah. Belum terbangkit dan termotoivasi untuk gotong royong ini," kata Sopian.

Menurut Sopian, sepinya undangan yang hadir pada acara ini adalah hal yang menyedihkan. Sejak ia menjadi lurah, BBGRM telah ada, dan partisipasi masyarakat tetap rendah.

"jadi hanya seremonial belaka, yang hasilnya belum tampak," ujar Sopian.

Menurut Sopian, sebagai ujung tombak pemerintahan, sepinya partisipasi masyarakat ini adalah tantangan bagi lurah, camat, dan lembaga kemasyrakatan. Dia mengaku kerap memantau grup-grup Whats App kelurahan dan kecamatan.

Dari grup tersebut, dapat dilihat bahwa gotong royong memang masih minim partisipasi masyarakat .
"Baru 20 persen kecamatan dan kelurahan yang baru melaksanakan gotong royong, baik rutin ataupun sporadis," ujarnya.

Pada acara tersebut, Sopian mengajak semua pihak mencanangkan dan membangun semangat dan partisipasi masyarakat bergotong royong di mulai dari diri masing-masing.

Halaman
12
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved