Tak Ada Celah Main Curang, 4 Juta Pelamar Mesti Persiapkan Diri Jika Mau Lolos CPNS 2018

BKD memastikan penerimaan CPNS berjalan tertib, dan tidak ada celah bagi pihak-pihak yang bermain curang, termasuk oknum calo.

Tak Ada Celah Main Curang, 4 Juta Pelamar Mesti Persiapkan Diri Jika Mau Lolos CPNS 2018
tribunlampung
Ilustrasi CPNS 2018 

BANGKAPOS.COM - Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 ditutup Senin (15/10) pukul 23.59 Wita.

Pelaksanaan pendaftaran CPNS kali ini tidak secara mandiri oleh instansi, melainkan terpusat menjadi satu secara nasional melalui situs Badan Kepegawaian Negara ( BKN), sscn.bkn.go.id.

Informasi dari BKN per pukul 17.00 Wita, total akun pelamar di SSCN lebih dari 4 juta orang. Sementara, jumlah pelamar yang telah selesai melakukan pendaftaran sebanyak lebih dari 3 juta orang.

Kemungkinan jumlah ini masih dapat bertambah, karena penutupan pendaftaran secara online masih dilaksanakan hingga pukul 23.59 WIB mendatang.

Padahal, pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mengumumkan hanya membuka sebanyak 238.015 formasi di CPNS kali ini.

Baca: Cek Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id

Dari perbandingan total pelamar dengan alokasi yang disediakan, memperlihatkan persaingan untuk mendapatkan tempat di CPNS kali ini akan berlangsung ketat.

Secara umum masing-masing kementerian/lembaga/daerah yang membuka lowongan di CPNS 2018, menyediakan alokasi dari beberapa formasi, seperti umum, lulusan terbaik (cumlaude), penyandang disabilitas, putra/putri Papua dan Papua Barat, diaspora, atlet berprestasi Internasional, serta honorer K2.

Lalu, bagaimana rincian per formasinya? Untuk formasi umum 4.338.661 orang telah mendaftarkan akun SSCN. Namun, belum semuanya total akun tersebut menyelesaikan proses pendaftaran. Dari data yang ada, 3.434.712 orang melakukan proses pendaftaran hingga selesai.

Formasi penyandang disabilitas pelamar yang telah mendaftarkan akun dari formasi 2.645 orang pelamar yang telah menyelesaikan proses pendaftaran 1.559 orang.

Selanjutnya formasi putra/putri Papua jumlah akun pelamar dari formasi sebanyak 5.882 orang, sekitar 3.198 orang yang telah menyelesaikan proses pendaftaran. Formasi lulusan terbaik sebanyak 21.348 orang telah mendaftarkan akun di situs SSCN. Dari total tersebut, jumlah pelamar yang telah menyelesaikan proses pendaftaran sebanyak 23.944 orang.

Sedangkan, untuk formasi atlet berprestasi internasional hingga sore kemarin, belum ada satu pun orang yang mendaftarkan. Hal tersebut berarti juga belum ada pelamar yang menyelesaikan proses pendaftaran.

Animo menjadi pegawai pemerintah masih sangat besar. Itu bisa dilihat dari pergerakan jumlah pendaftar CPNS di Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Untuk formasi umum akun pelamar yang dibuat 4.279.758 orang dan pelamar yang telah selesai daftar 3.180.897 orang," kata Kepala BKD Kaltim Dr H Ardiningsih, Senin (15/10). Untuk formasi penyandang disabilitas, akun pelamar yang dibuat sebanyak 2.543 orang dan pelamar yang telah selesai mendaftar sebanyak 1.442 orang.

Baca: Mobil Pasangan Model dan Kontraktor Masuk Jurang, Istri Sempat Bilang Biar Selingkuh Asal Tak Mati

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved