Apdesi Babar Temui Menteri LK dan Kehutanan Keluhkan Soal Izin HTI di Babar

Perwakilan Kepala Desa (Kades) tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Bangka Barat Menemuai Menteri LH dan kehutanan

Apdesi Babar Temui Menteri LK dan Kehutanan Keluhkan Soal Izin HTI di Babar
Bangka Pos / Agus Nuryadhyn
Kepala Desa tergabung dalam Apdesi Bangka Barat saat menyampaikan aspirasi masyarakat berkenaan penolakan ijin usaha pemanfaatan hutan kayu HTI di Bangka Barat dan Bangka. Pertemuan berlangsung di Ruang Rapat Utama Kementerian LH dan Kehutanan di Jakarta 

Laporan Wartawan Bangkapos, Agus Nuryadhyn

BANGKAPOS.COM, JAKARTA--Perwakilan Kepala Desa (Kades) tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Bangka Barat mendatangi kantor kementerian lingkungan hidup dan kehutanan di Jakarta, Rabu (17/10/2018).

Kedatangan rombongan diterima langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Dr Ir Siti Nurbaya Bakar di Blok B 1 Lantai 4 Gedung Manggala Wanabhakti, Senayan Jakarta.

Pertemuan berlangsung, di Ruang Rapat Utama (Rupatama), selain dihadiri Ketua DPC Apdesi Bangka Barat, Allani serta perwakilan Kades, yang tergabung dalam Apdesi, Amiruddin, Beni Asbandi, dan Miyuni Rohantap, Ruslan serta perwakilan Desa Penagan yaitu Sopian dan Efendi.

Hadir juga Ketua DPW Partai NasDem Bangka Belitung Zuristyo Firmadata, Sekretaris Robert Aritonang, Dewan Pertimbangan DPD Partai NasDem Babar H Sukirman, Ketua DPD Partai NasDem Babar Mansyah dan Sekretaris Riandi.

Dalam pertemuan tersebut, rombongan Apdesi meminta agar menteri lingkungan hidup dan kehutanan mencabut izin HTI yang ada di Bangka Barat.

 "Kami bertemu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk menyampaikan pencabutan ijin usaha pemanfaatan Hutan Kayu HTI di wilayah Babar," jelas Kades Penyampak Amiruddin

Ditambahkan Ketua DPC Apdesi Bangka Barat, Allani mengatakan di Kabupaten Bangka Barat izin usaha pemanfaatan hutan kayu HTI seluas 66.460 Hektare.

" Ada 40 desa di wilayah kabupaten bangka barat yang menolak adanya aktivitas HTI tersebut," ujar Allani.

Diakui Allani kehadiran perwakilan apdesi ini dijembatani langsung ketua DPW Partai NAsdem Babel.

" Selama ini kita sudah mengajukan keberatan dan penolakan HTI ini baik ke Bupatai, gubernru dan DPRD Babel, namun belum memnemukan titik temu," ucap Allani lagi.

"Dari pertemuan tersebut Menteri LH dan Kehutanan merespon dan dari aspirasi yang kami sampaikan dapat diterima," tambahnya.

Ketua DPW Partai NasDem Babel Zuristyo Firmadata  mengatakan pihaknya menjebatani keinginan dari masyarakar.

" Kita menginginkan ada kebijakan dari Menteri LH dan Kehutanan berkenaan persoalan HTI yang ada di Babel umumnya dan khususnya di Wilayah Bangka Barat dan beberapa wilayah di Bangka Belitung," ujar Zuristyo.(*)

Penulis: agusrya
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved