DPRD Bangka Belitung Berkunjung ke Pabrik Zirkon di Pangkalan Bun

Kunjungan ini kita ingin melihat langsung kondisi pabrik Zirkon di Pangkalan Bun yang telah berjalan cukup lama

DPRD Bangka Belitung Berkunjung ke Pabrik Zirkon di Pangkalan Bun
Bangkapos/Deddy Marjaya
Rombongan anggota DPRD Bangka Belitung saat berkunjung ke pabrik Zirkon di Pangkalan Bun Kalimantan Tengah Kamis (18/10/2018). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Deddy Marjaya

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang tergabung dalam Pansus Perda Mineral Ikutan Timah melakukan studi banding ke pabrik Zirkon di Pangkalan Bun Kabupaten Kota Waringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis (18/10/2018).

Rombongan DPR ini berkunjung ke PT Irvan Prima Pratama dan PT Tatanan Indah Fajar Cemerlang yang masih satu lokasi.

"Kunjungan ini kita ingin melihat langsung kondisi pabrik Zirkon di Pangkalan Bun yang telah berjalan cukup lama terkait rencana pengajuan Perda Mineral Ikutan dan Produk Samping Timah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," kata Adet Mastur Ketua Komisi 1 DPRD yang memimpin rombongan.

Menurut Adet Mastur setelah mendapatkan penjelasan dari pihak perusahaan didapati bahwa di Pangkalan Bun perusahaan zirkon khusus mengolah zirkon yang ditambang langsung tanpa mineral lainnya.

Maka dari itu berbeda dengan kondisi di Bangka Belitung, zirkon didapat dari pengolahan bijih timah disamping mineral ikutan lainnya.

"Kunjungan ini akan menjadi masukan dalam pembuatan Perda Mineral Ikutan dan produk samping Timah yang sedang disusun," kata Adet Mastur.

Selain itu menurut Adet Mastur pihak juga akan berkunjung ke Dinas Ekbang Kabupaten Kota Waringin Barat terkait perizinan dari perusahaan pemurnian zirkon dikawasan mereka.

Selain juga untuk mengetahui apa apa saja pendapatan yang didapat dari beroperasi pabrik zirkon tersebut.

"Jadi minimal kita tahu jika pabrik zirkon beroperasi di Bangka Belitung apa saja yang bisa didapat oleh Pemda selain tentunya menyedot lapangan pekerjaan," kata Adet Mastur.

Halaman
12
Penulis: deddy_marjaya
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved