BumDes Mislak Kembangkan Ekonomi Kreatif dan Produktif

Pemerintah Desa Mislak menaruh harapan besar BUMDes akan menjadi penggerak dan pengelola perekonomian desa

BumDes Mislak Kembangkan Ekonomi Kreatif dan Produktif
Istimewa

BANGKAPOS.COM - Desa Mislak merupakan satu diantara desa yang terletak di wilayah Kecamatan Jebus dan bersebelahan dengan Desa Jebus dan Desa Ketap.
Desa Mislak yang dikepalai oleh Yuzir AU menyatakan tidak henti-hentinya melakukan inovasi.

Desa yang diresmikan sejak tahun 2008 silam ini dalam perjalanannya sudah mengalami banyak pembangunan baik infrastruktur maupun kehidupan sumber daya manusia untuk menjadikan Desa Mislak sebagai desa yang memiliki perkembangan potensial di Bangka Barat.

Potensi yang dimaksud seperti sektor pertanian dan perkebunan yang dikembangkan menjadi lebih luas lagi melalui Badan Usaha Milik Desa yang bernama Berkah Makmur Bersama.

Nantinya melalui BumDes tersebut Pemerintah Desa Mislak menaruh harapan besar, akan menjadi penggerak dan pengelola perekonomian desa dengan sektor-sektor yang akan dikembangkan tersebut menjadi beberapa lini usaha diantaranya pertanian ubi kasesa, perkebunan sawit, ternak dan tempat penggemukan sapi.

“Sebenarnya banyak sekali dari sektor pertanian dan perkebunan yang mampu dikembangkan dan dibudidayakan menjadi lini usaha seperti padi ladang yang outputnya adalah beras merah, buah pinang, buah musiman, dan ada juga madu hutan atau kelulut. Namun kenapa tiga lini usaha tersebut yang saat ini menjadi konsentrasi utama BumDes kita? Hal itu karena ketiga lini usaha tersebut kami pandang paling dekat dan masuk akal untuk dilakukan.

Selain karena masyarakat di desa ini juga memang kebanyakan berprofesi sebagai petani dan peternak, jadi itulah mengapa kami melihat bahwa ini sangat cocok untuk kami coba kembangkan dan upayakan berjalan terlebih dahulu," kata Yuzir.

Ia juga menambahkan dalam taraf tertentu pertanian dan perkebunan menyimpan hak komunal yang menggambarkan kerjasama dan gotong royong menjadi pijakan masyarakat desa dalam bertindak serta membangun kebersamaan dan kolektivitas. Sehingga diharapkan ketiga lini usaha tersebut menjadi aset terbaik desa yang terus dikelola dan dikembangkan hingga masa depan.

Selain itu di Desa Mislak juga mempunyai penganan tradisional yang sudah dikenal seperti rusip dan sambal serai. Namun disampaikan kepala desa bahwa rusip sendiri sejauh ini masih membeli ke desa lain untuk keperluan bahan bakunya seperti ikan teri.

Namun kendala ini dianggapnya bukan menjadi penghalang untuk memperkenalkan rusip khas Desa Mislak karena makanan satu ini akan masuk menjadi lini usaha yang akan dikelola oleh Bumdes, hanya saja lebih menitikberatkan pada peran PKK Desa Mislak menjadi penggeraknya.

“Pemerintah desa akan senantiasa memberdayakan peran PKK, BPD, LPM, Karang Taruna dan BumDes untuk membantu mengembangkan dan menjalankan desa menjadi seperti yang dicita-citakan. Melalui usaha-usaha tersebut diharapkan mampu mendongkrak penghidupan serta perekonomian desa berangsur-angsur menjadi lebih baik lagi kedepannya, sejurus dengan visi dan misi Membawa Desa Mislak Menjadi Desa Produktif dan Religius," ucapnya.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved