Peringatan Satu Dekade, Gapabel Lakukan Percobaan Penanaman Mangrove di Pasir Putih

"Kali ini kami ingin mencoba, apakah dengan tanah pasir putih mangrove itu bisa tumbuh atau tidak. Maka nya disini kami hanya

Peringatan Satu Dekade, Gapabel Lakukan Percobaan Penanaman Mangrove di Pasir Putih
Pos Belitung/Disa Aryandi
Gapabel lakukan penanaman mangrove, Minggu (21/10/2018) di pantai Labunaji, Desa Tanjung Tinggi, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Ada puluhan mangrove, Minggu (21/10/2018) di tanam oleh Gabungan Pecinta Alam Belitong (Gapabel) dipesisir pantai Labunaji, Desa Tanjung Tinggi, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

Namun penanaman mangrove ini, tidak seperti biasa, yaitu dengan tekstur tanah berlumpur.

Puluhan mangrove ini, ditanam oleh pecinta lingkungan tersebut di tekstur tanah berpasir putih. Penanaman itu sengaja dilakukan oleh mereka, sebagai bentuk percobaan.

Sebab mangrove biasa hanya hidup di tekstur tanah berlumpur.

"Kali ini kami ingin mencoba, apakah dengan tanah pasir putih mangrove itu bisa tumbuh atau tidak. Maka nya disini kami hanya menanam sekitar 30 pohon mangrove saja," kata Ketua Gapabel Pifin Heriyanto kepada Posbelitung.co, Minggu (21/10/2018).

Apabila mangrove tersebut tumbuh di tekstur tanah berpasir, maka mereka akan lebih memperbanyak melakukan penanaman mangrove di tanah berpasir putih.

Itu sangat penting, mengingat Belitung mayoritas memiliki pesisir pantai berpasir putih.

"Sebagian dari pantai tersebut, kini sudah tergerus air laut. Nah agar pantai berpasir putih itu tidak abrasi, maka mangrove lah salah satu yang baik untuk menahan abrasi ini. Belum lagi mangrove di Belitung ini sebagian telah dirusak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab," ucapnya.

Kata Pifin, percobaan penanaman mangrove sekaligus untuk memperingati HUT Gapabel satu Dekade alias sudah berusia 10 tahun.

Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved