Dari 3 Kategori Kejadian, Data Basarnas Pangkalpinang Total 16 Korban Meninggal Dunia

Berbagai kejadian digolongkan dalam kecelakaan kapal, kondisi membahayakan manusia dan bencana.

Dari 3 Kategori Kejadian, Data Basarnas Pangkalpinang Total 16 Korban Meninggal Dunia
bangkapos/irakurniati
Kepala urusan umum Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Pangkalpinang, Anthon R. Waer 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM  - Kepala urusan umum Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Pangkalpinang, Anthon R. Waer mengatakan pada 2018 ini, tercatat puluhan kejadian atau musibah yang ditangani pihaknya. Berbagai kejadian digolongkan dalam kecelakaan kapal, kondisi membahayakan manusia dan bencana.

Ditahun ini pun, sedikitnya total ada 16 korban yang meninggal dunia dari ketiga musibah tersebut. Kecelakaan kapal yang terjadi tahun ini sebanyak sembilan kejadian. Dengan jumlah korban yang selamat 40 orang, empat orang korban meninggal dunia, dan satu orang dinyatakan hilang.

Sedangkan kondisi membahayakan manusia dan bencana, seperti kejadian di hutan ataupun wilayah daratan, tercatat 15 kali kejadian sepanjang 2018. Delapan korban meninggal dunia, empat korban selamat dan empat korban lainnya dinyatakan hilang.

"Untuk yang musibah bencana, seperti banjir ataupun puting beliung ada empat kali kejadian. Dengan sekitar 5 ribu korban yang selamat dan empat yang meninggal dunia." kata Anthon, Senin (22/10/2018).

Ia menambahkan, Basarnas memiliki sekitar 64 personel secara keseluruhan dalam penanganan kejadian di penjuru wilayah Bangka Belitung. Untuk penangan satu musibah, dikerahkan satu tim dengan jumlah personel delapan orang.

Namun jika terdapat kejadian yang besar, Anthon menyebutkan pihaknya menurunkan seluruh personel dalam menanganinya.

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved