Breaking News:

FISIP UBB Gelar Pelatihan Penulisan Jurnal Ilmiah Asah Kemampuan Menulis dan Cegah Plagiasi

FISIP UBB Gelar Pelatihan Penulisan Jurnal Ilmiah Untuk mengasah Kemampuan Menulis dan Cegah Plagiasi.

Editor: fitriadi
Istimewa
Mahasiswa Fakultas Ilmu So­sial dan Ilmu Politik UBB menggelar Pelatihan Penulisan Jurnal Ilmiah dan Anti-Plagiasi di Ruang Seminar FISIP Universitas Bangka Belitung, Jumat (19/10). 

BANGKAPOS.COM - Fakultas Ilmu So­sial dan Ilmu Politik UBB menggelar Pelatihan Penulisan Jurnal Ilmiah dan Anti-Plagiasi, Jumat (19/10) bertempat di Ruang Seminar FISIP Universitas Bangka Belitung. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dan dosen dari tiga jurusan yang ada di FISIP, yaitu Jurusan Sosiologi, Jurusan Ilmu Politik dan Jurusan Sastra Inggris.

Kegiatan ini sendiri menghadirikan empat narasumber dari kalangan dosen UBB. Satu diantara narasumber, Eddy Nurtjahya yang merupakan dosen senior dan telah mempublikasikan lebih kurang enam karya ilmiah terindeks scopus dengan ratusan sitasi.

Narasumber lain adalah M Afifulloh, Pengelola Jurnal Internasional ‘Berumpun’ yang diterbitkan oleh FISIP UBB.

Dalam kegiatan itu terungkap bahwa menulis jurnal itu sebenarnya mudah dan lebih sederhana dibandingkan dengan menulis sebuah buku.

Hal ini diungkapkan oleh Afifulloh yang mengatakan bahwa jurnal itu lebih fokus de­ngan data yang lebih sederhana, beda de­ngan buku yang cakupannya lebih luas.

Afif juga mengupas tuntas tentang Open Journal System (OJS) dan tips dan trik submit jurnal.

Afif juga menguraikan informasi dan teknik submit naskah keempat jurnal online yang dimiliki oleh FISIP UBB, yakni Society, Politii, LiRe dan satu jurnal internasional dikelola oleh Fakultas dengan nama ‘Berumpun’.

Jur­nal Berumpun sendiri menurut Afif saat ini sedang dalam proses untuk diindeks di DOAJ dan ditargetkan tahun 2019.

Saat ini Jurnal Berumpun terkoneksi dengan google scholar yang sitasinya bisa langsung dilihat.

Sementara itu, Eddy Nurtjahya, satu diantara role model akademisi terbaik yang dimiliki UBB, didapuk menjadi narasumber yang menyampaikan mengenai syarat dan kaidah penelitian yang baik agar dapat dipublikasikan dengan daya impak (impact) yang besar bagi ilmu pengetahuan.

Halaman
12
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved