Warga Air Menduyung Buktikan Madu Lokal Bisa Diternak

Warga Desa Air Menduyung Kecamatan Simpang Teritip Kabupaten Bangka Barat panen madu lokal jenis Serena.

Warga Air Menduyung Buktikan Madu Lokal Bisa Diternak
Bangkapos.com/Nordin
¬†Acoi memanen madu yang diternakannya di kebun sawit miliknya di Desa Air Menduyung kecamatan Simpang Teritip Kabupaten Bangka Barat, Senin (22/10). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nordin

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Warga Desa Air Menduyung Kecamatan Simpang Teritip Kabupaten Bangka Barat panen madu lokal jenis Serena di kebun desa setempat, Senin (22/10/2018).

Acoi, peternak madu di Desa Air Menduyung, mengungkapkan dirinya mulai beternak lebah sejak lima tahun silam. Usahanyapun kini sudah membuahkan hasil.

"Biasanya kita lihat orang-orang di jarang yang ada ternak madu, walaupun ada jenisnya berbeda-beda. Saya pikir ini potensinya sangat besar, bisa melindungi dan memanfaatkan kearipan lokal," ujar Acoi kepada Bangkapos.com, Senin (22/10/2018).

Acoi menjelaskan, usahanya ini terinspirasi dari kegiatan jalan-jalan ke salah satu kota di Indonesia yang ada di Jawa Barat.

Kemudian dia menerapkannya di Bangka Belitung tepatnya di Desa Air Menduyung, dirinya juga pernah mendapat pelatihan dari dinas terkait mengenai usahanya.

"Saya piknik ke Bogor dulunya, kemudian melihat peternakan madu, disitulah saya tanya-tanya ke penjaganya. Saya juga nanya kalau kita mau belajar bagaimana," jelasnya

Penulis: Muhammad Noordin
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved