Kecamatan Giri Maya Juara Lomba Cipta Menu Pangan B2SA

Tim PKK Kecamatan Giri Maya Kota Pangkalpinang meraih juara pertama Lomba Cipta Menu Pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA)

Kecamatan Giri Maya Juara Lomba Cipta Menu Pangan B2SA
bangkapos/edwardi
Tim PKK Kecamatan Giri Maya Kota Pangkalpinang meraih juara pertama Lomba Cipta Menu Pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Kota Pangkalpinang yang diselenggarakan Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang di Hotel Puri 56 Kota Pangkalpinang, Selasa (23/10/2018). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM -- Tim PKK Kecamatan Giri Maya Kota Pangkalpinang meraih juara pertama Lomba Cipta Menu Pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Kota Pangkalpinang yang diselenggarakan Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang di Hotel Puri 56 Kota Pangkalpinang, Selasa (23/10/2018).

Juara kedua PKK Kecamatan Rangkui dan ketiga PKK Kecamatan Bukit Intan.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang, Lie Jun Jie diwakili Yiyi Zilaida Dwitri, Kasi Konsumsi Pangan mengatakan lomba ini diikuti PKK dari tujuh kecamatan di Kota Pangkalpinang.

"Tujuannya agar ibu-ibu dalam menyusun menu keluarga bisa memahami menu pangan beragam bergizi seimbang dan aman," kata Yiyi.

Ditambahkannya, selain itu ingin mengedukasi bahwa karbohidrat sebagai sumber energi tidak hanya berasal dari beras, terigu tapi juga berasal dari umbi-umbian dan tanaman selera lainnya.

"Sebagai contoh PKK Kecamatan Rangkui tadi menggunakan buah jelai, selama ini kita tahunya jelai sebagai tanaman semak-semak saja dan dipercaya untuk mengusir setan tetapi ternyata setelah diolah bisa menjadi makanan pengganti beras," jelasnya.

Dalam lomba ini tidak diperkenankan menggunakan bahan dari beras dan terigu.

"Kita ingin mengedukasi masyarakat kalau tidak makan nasi itu bukan masalah karena bisa digantikan dengan umbi-umbian dan lainnya," ujarnya.

Juara pertama dalam lomba ini bisa mewakili lomba tingkat Provinsi Babel tahun 2019 kemungkinan di Beltim, tapi belum bisa memastikan tergantung nanti kesediaan anggarannya.

"Juara satu tahun ini PKK Kecamatan Giri Maya, poin penting bisa menjadi juara dibanding kecamatan lain, bahan yang digunakan sangat mudah diperoleh dan bisa diolah secara keseharian di rumah, seperti dendeng jantung pisang, nasi goreng pisang yang diwarnai dengan buah naga," kata Yiyi yang juga menjadi salah satu juri dalam lomba ini.

Selain itu keseimbangan porsi dan zat gizinya seimbang, sehingga poin-poin itulah yang mengungguli Kecamatan Giri Maya dari kecamatan lainnya.

Juara Lomba Cipta Menu Pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Kota Pangkalpinang:

1. PKK Kecamatan Giri Maya
2. PKK Kecamatan Rangkui
3. PKK Kecamatan Bukit Intan
Harapan 1. PKK Kecamatan Gabek-Pangkalbalam
Harapan 2. PKK Kecamatan Pangkal Balam
Harapan 3. PKK Kecamatan Gerunggang dan Taman Sari

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved