Kupubuku Latih Tenaga Perpustakaan SD di Pangkalpinang

Dua puluh tenaga perpustakaan Sekolah Dasar (SD) dari sejumlah sekolah‎ di Pangkalpinang dilatih mengelola perpustakaan sekolah.

Kupubuku Latih Tenaga Perpustakaan SD di Pangkalpinang
BANGKA POS/DEDY QURNIAWAN
Suasana pelatihan tenaga perpustakaan SD di Pangkalpinang, Selasa (23/10/2018). Pelatihan berlangsung di lantai 2, Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM - Dua puluh tenaga perpustakaan Sekolah Dasar (SD) dari sejumlah sekolah‎ di Pangkalpinang dilatih mengelola perpustakaan sekolah. Mereka dilatih oleh Yayasan Kupubuku di Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Pangkalpinang, Selasa (23/10/2018).

Pendiri Yayasan Kupubuku, Sapto Siswoyo mengatakan, ‎pelatihan ini untuk pengembangan keterampilan tenaga per‎pustakaan sekolah.

"Sebab, sebagian besar tenaga perpustakaan sekolah di Pangkalpinang bukan berlatar pendidikan kepustakawanan. Jadi kami bikin pelatihan praktis, supaya mereka memiliki pengetahuan lebih mengenai cara-cara mengelola perpustakaan sekolah," kata Sapto sewaktu ditemui bangkapos.com

Pelatihan ini akan diberikan untuk 80 tenaga perpustakaan dari 80 sekolah di Pangkalpinang. Pelaksanaan akan dibagi menjadi empat gelombang dengan tiap gelombang sebanyak 20 peserta selama tiga hari.

Mereka dilatih mengenai dasar-dasar pengolahan bahan pustaka seperti pencatatan buku masuk, klasifikasi, katalogisasi, inventirasasi, hingga sirkulasi buku. Pelatihan akan diberikan dengan metode praktik langsung dan metode permainan.

"Nanti juga kami akan ajarkan pelaporan, hal-hal seperti apa saja yang perlu dilaporkan sebuah perpustakaan sekolah," kata Sapto.

Menurut Sapto, pelatihan seperti ini penting bagi tenaga perpustakaan sekolah. Sebab, perpustakaan adalah jantung di dunia pendidikan. Setiap sekolah, kata Sapto, harus memiliki perpustakaan, dan layak.

"Kami berharap setelah pelatihan ini, mereka bisa menerapkan ilmunya di sekolah masing-masing, ta Sapto. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved