Manfaatkan Dana Desa Untuk Pemberdayaan Masyarakat

Kemenkes dan Kementerian Desa sudah sepakat dalam berkoordinasi untuk pemanfaatan dana desa untuk pembangunan dan pemberdayaan.

Manfaatkan Dana Desa Untuk Pemberdayaan Masyarakat
Bangkapos.com/Ira Kurniati
Kepala seksi pengorganisasian masyarakat Kementerian kesehatan Republik Indonesia, Pimanih, dalam kegiatan sosialisasi pengembangan desa, di ballroom Bangka City Hotel Pangkalpinang, Kamis (25/10/2018). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pemberdayaan masyarakat, khususnya di desa merupakan proses non instruktif, yakni tanpa harus diperintah oleh siapapun sehingga mesti dilaksanakan oleh seluruh komponen bangsa.

Kepala seksi pengorganisasian masyarakat Kementerian kesehatan Republik Indonesia, Pimanih memaparkan hal itu dalam kegiatan sosialisasi pengembangan desa, di ballroom Bangka City Hotel Pangkalpinang, Kamis (25/10/2018).

Ia menuturkan, pemberdayaan masyarakat dibidang kesehatan fokus pada upaya promotif dan preventif, dan ditujukan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

"Pembangunan kesehatan bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan sehat. Kita lah yang bertanggung jawab dengan hidup sehat," jelas Pimanih.

Kementerian Kesehatan dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi sudah sepakat dalam berkoordinasi untuk pemanfaatan dana desa untuk pembangunan dan pemberdayaan.

Menurut Pimanih, pemanfaatan dana desa bisa disalurkan untuk posyandu. Yakni untuk pembangunan ataupun pelatihan dan pengembangan kader kesehatan masyarakat.

Dana desa juga dibisa digunakan untuk penanganan stunting atau anak tumbuh kerdil, sesuai musyawarah desa.

Ia berharap agar lintas sektoral mampu menerapkan pemberdayaan masyarakat desa, dengan tujuan meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas hidup masyarakat.

Penulis: Ira Kurniati
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved