Lion Air Jatuh

Identifikasi Korban Lion Air Bisa Diketahui, Ini Yang Harus Dilakukan Pihak Keluarga Korban

Tanda-tanda khusus lainnya agar korban bisa cepat terindetifikasi seperti tato, bekas operasi akan memudahkan proses identifikasi.

Identifikasi Korban Lion Air Bisa Diketahui, Ini Yang Harus Dilakukan Pihak Keluarga Korban
TRIBUNNEWS/FRANSISKUS ADHIYUDA
Kapal KN P. 384 milik Kesatauan Pengamanan Laut dan Pulau membawa 2 kantung potongan jenasah korban kecelakaan Pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang tiba di Pelabuhan JICT Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (29/10/2018). 

BANGKAPOS.COM - Kepala Rumah Sakit (RS) Polri di Jakarta Timur  Kombes Pol Musyafak menyebutkan, proses identifikasi para korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 paling cepat diketahui empat hingga lima hari jika data ante mortem sudah lengkap.

"Kalau hanya teridentifikasi pemeriksaan DNA paling cepat, itu pun kalo data ante mortem lengkap termasuk sampel DNA, paling cepat 4 hingga 5 hari," kata Musyafak, di RS Polri, Kramatjati, Jakarta Timur, Senin (29/10/2018) malam.

Contoh DNA bisa didapat dari keluarga korban baik anak, ayah, maupun ibu korban.

Selain DNA, Musyafak menyebut prinsip primer agar dapat cepat mengidentifikasi korvan adalah sidik jari.

"Kalau sudah cocok, itu berarti sudah teridentifikasi. Sidik jari tiap orang itu berbeda-beda," kata dia.

Selanjutnya identifikasi sekunder bagi korban adalah gigi.

"Makanya kami ada onkologi forensik. Kalau itu misalkan ada kecocokan ditambah beberapa tanda sekunder, apakah properti atau tanda medisnya, itu termasuk sudah teridentifikasi," lanjutnya.

Tanda-tanda khusus lainnya agar korban bisa cepat terindetifikasi seperti tato, bekas operasi akan memudahkan proses identifikasi.

"Sedangkan nanti kalau dalam pemeriksaan ditemukan tanda-tanda khusus misalnya tanda tanda medis seperti tato, itu akan segera. Karena itu merupakan tanda-tanda sekunder yang mana menurut standar interpol juga sudah valid," tutur Musyafak.

Proses identifikasi direncanakan akan mulai dilakukan hari Selasa ini.

Pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin pagi. Pesawat itu mengangkut 178 orang dewasa, 1 anak, dan 2 bayi, serta 7 awak pesawat. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jika Data Lengkap, Identifikasi Korban Lion Air Bisa Diketahu Setelah 4 Hari"
//
Editor: rusmiadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved