Catat, 7 Prioritas Pelanggaran Operasi Zebra yang Ditindak Petugas

Kepala satuan lalu lintas Polres Pangkalpinang, AKP Heriyanto, membeberkan tujuh prioritas pelanggaran yang dilakukan penilangan oleh petugas.

Catat, 7 Prioritas Pelanggaran Operasi Zebra yang Ditindak Petugas
Bangkapos/irakurniati
Kasat lantas Polres Pangkalpinang, AKP Heriyanto memeriksa kelengkapan surat kendaraan milik pengendara mobil, dalam pelaksanaan operasi zebra menumbing 2018, di Jalan Jendral Sudirman, Rabu (31/10/2018) 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Operasi Zebra Menumbing 2018 yang dilaksanakan selama 14 hari, terhitung 30 Oktober hingga 12 November mendatang.

Kepala satuan lalu lintas Polres Pangkalpinang, AKP Heriyanto, membeberkan tujuh prioritas pelanggaran yang dilakukan penilangan oleh petugas.

Heri menyebutkan, pihaknya akan melakukan penilangan kepada pengendara yang melakukan pelanggaran kasat mata. Seperti tidak memakai helm, berboncengan lebih dari dua, bermain handphone saat berkendara, dan tidak menggunakan sabuk pengaman (bagi pengemudi mobil).

Selain itu, pengendara yang melawan arus juga menjadi satu diantara prioritas penilangan aparat kepolisian. Juga bagi pengendara yang melaju kecepatan tinggi dan yang masih dibawah umur.

"Kami prioritaskan untuk pengendara baik itu roda dua ataupun empat, yang dalam kondisi meminum minuman keras (mabuk). Pengendara ini merupakan prioritas target operasi kami." ujar AKP Heriyanto, Rabu (31/10/2018).

Selain pelanggaran kasat mata, komponen kendaraan yang tidak lengkap juga menjadi kriteria dalam pelaksanaan operasi zebra menumbing, seperti tidak memiliki spion dan menggunakan knalpot racing.

Operasi ini ditujukan bagi seluruh jenis kendaraan, baik itu roda dua, empat atau lebih dari empat roda. Sementara itu, untuk kendaraan selain roda dua, kriteria pelanggaran yakni ban dalam keadaan gundul, truk barang yang digunakan untuk mengangkut penumpang atau truk yang mengangkut muatan berlebihan.

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved