Bahar Buasan Ingin Kuatkan Ekonomi Babel Melalui UMKM

ehingga, apabila krisis global melanda dunia seperti yang pernah terjadi pada tahun 1998 dan 2008, UMKM tetap bertahan. Sistem ekonomi yang sehat

Bahar Buasan Ingin Kuatkan Ekonomi Babel Melalui UMKM

BANGKAPOS.COM----Mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Bangka Belitung (Babel) merupakan salah satu cara mewujudkan kemandirian ekonomi daerah.

Selain terbukti lebih kebal terhadap fluktuasi ekonomi, UMKM juga diyakini mampu menggerakkan potensi ekonomi daerah.

Anggota Dewan Perwakilan daerah (DPD) RI, Bahar Buasan menilai dengan menggerakkan UMKM, ekonomi Babel akan ditopang bersama-sama masayrakat.

“Sehingga, apabila krisis global melanda dunia seperti yang pernah terjadi pada tahun 1998 dan 2008, UMKM tetap bertahan. Sistem ekonomi yang sehat dan mandiri seperti ini yang harus kita kembangkan di Babel,” jelasnya.

Selain itu, menurut Bahar Buasan, UMKM sangat potensial untuk mengangkat potensi daerah, meningkatkan pendapatan daerah, dan menyejahterakan masyarakat.

“Pada umumnya, UMKM selalu memberdayakan bahan baku lokal, sehingga potensi-potensi daerah tergali. Begitu pula dengan mempekerjakan talen-talen lokal yang bisa mengurangi jumlah pengangguran,” ujarnya.

Bahar Buasan juga berharap kepada UMKM agar kreatifitas lebih diutamakan. Agar nantinya bisa diusahakan mendapatkan dana Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir (LPDB) dari pusat.

“Dana bergulir itu 70% beredar di Jawa. Kenapa? karena kreatifitas masing-masing dinas koperasi untuk UMKM. Saya ingin di tahun selanjutnya dana bergulir bisa menyebar merata bukan hanya di Jawa, tapi juga di wilayah Bangka Belitung” paparnya.(*)

Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved