Wakapolda Babel Ungkap Tiga Potensi Kerawanan Pemilu 2019

Adanya ujaran kebencian ataupun hoax yang tersebar di media sosial, ini merupakan salah satu kerawanan yang patut di waspadai saat kampanye atau

Wakapolda Babel Ungkap Tiga Potensi Kerawanan Pemilu 2019
Ist
Wakapolda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Kombes Djoko Erwanto 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nordin

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Wakapolda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Kombes Djoko Erwanto menjelaskan, beberapa potensi kerawanan pemilu 2019 yang telah dipetakan diantaranya adanya ujaran kebencian ataupun hoax yg tersebar di media sosial.

Kemudian politik uang, lalu isu sara. Ini merupakan salah satu kerawanan yang patut diwaspadai, apalagi berita-berita yang tersebar di media sosial.

"Adanya ujaran kebencian ataupun hoax yang tersebar di media sosial, ini merupakan salah satu kerawanan yang patut di waspadai saat kampanye atau sebelum pemungutan suara. Isu sara menimbulkan konflik yang sangat tidk diharapkan, karena mengingat kebelakang Indonesia merupakan negara multikultural terdiri dari berbagai etnis," sebutnya kepada awak media, Jumat (2/11/2018).

Dia memaparkan dalam pelaksana pemilu tahun 2019, berbeda dengan tahun 2014 lalu.

Jika di Pileg 2014 hanya ada tiga surat suara, maka dalam pemilu 2019 akan ada 5 surat suara yg wajib dipilih.

"Walaupun akan relatif merepotkan pemilih namun pemilu serentak dapat menghemat anggaran negara sebesar 50/60 persen. Selain itu juga meningkatkan partisipasi publik mengingat masyarakat hanya memilih sekali untk 5 tahun," katanya.(*)

Penulis: Muhammad Noordin
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved