3 Tahun, Belitung Bakal Dapat Bantuan Jalan Rp 260 Miliar

Noviar menjelaskan terpilihnya Pulau Belitung, lantaran termasuk Kawasan Ekonomi Khusus dan Kawasan

3 Tahun,  Belitung Bakal Dapat Bantuan Jalan Rp 260 Miliar
Bangka Pos/Krisyanidayati
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Noviar Ishak. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pulau Belitung hingga tiga tahun kedepan akan mendapatkan kucuran dana untuk jalan senilai Rp 260 miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Noviar Ishak mengatakan kucuran dana ini melalui program Nasional Hibah Jalan Daerah (HJD).

Noviar menjelaskan terpilihnya Pulau Belitung, lantaran termasuk Kawasan Ekonomi Khusus dan Kawasan Strategis Pembangunan Nasional (KSPN).

Ia menjelaskan, program JHD ini sistem pembiayaannya ditalangi terlebih dahulu oleh pemerintah daerah, yang nantinya akan digantikan oleh pemerintah pusat jika pekerjaan sudah selesai.

Untuk mendapatkan program ini, Babel juga harus berkompetisi dengan daerah wisata lainnya. Beruntungnya, Babel termasuk salah satu daerah yang dipilih.

"Ini menggunakan dana talangan. Begitu pekerjaan selesai nanti dibalikin APBN+insentif 10 persen, ini menarik buat kita, karena biasanya kan kita pinjam, tapi kita bayar dulu pakai uang kita nanti dibalikin pakai bonus pula," kata Noviar, akhir pekan lalu.

Ia menyebutkan anggaran Rp 260 miliar ini akan dimulai pada tahun 2019 semuanya untuk jalan, baik itu pelebaran, perbaikan kualitas jalan, dan penataan jalan.

"Babel yang paling besar, jadi tahun pertama Rp 80 miliar, tahun kedua Rp 100 miliar, dan tahun ketiga Rp 80 miliar. Kita tutupin pakai APBD. Untuk 2019 kita anggarakan Rp 89 miliar, nanti November selesai dibalikin. Syaratnya, kita harus nyiapin anggaran dulu, ketika pak Gubernur Setuju, baru saya ajukan ke pusat untuk ikut kompetisi," katanya.

Untuk tahun 2019 akan dimulai untuk membangun ruas jalan atau Junction Membalong untuk pelebaran jalan.

"Jadi dari Simpang ke Bandara sampai ke Dusun di Membalong, untuk pelebaran dari 4,5 meter kita jadikan 6-7 meter. Di kampungnya di desa Membalong, kita buat Trotoar seperti di Jalan Ahmad Yani itu, jalan dibikin bagus. Memang bantuan daru pusat khsusus daerah wisata," katanya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved