Begini Ketentuan Diterbitkannya SIM D Bagi Penyandang Disabilitas

tidak semua disabilitas bisa mengantongi SIM ini. Kami memiliki ketentuan dan melihat pertimbangan resiko mereka di jalan raya

Begini Ketentuan Diterbitkannya SIM D Bagi Penyandang Disabilitas
Bangkapos/irakurniati
Kasat lantas polres Pangkalpinang, AKP Heriyanto (kiri) saat menyerahkan SIM D ke salah seorang penyandang disabilitas 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Surat Izin Mengemudi yang diperuntukan bagi penyandang disabilitas, atau yang dikenal dengan SIM D, sama seperti SIM pada umumnya, yakni bagi pengendara yang sudah berusia minimal 17 tahun.

Untuk mendapatkan SIM D ini pun melalui ujian teori maupun praktek.

Namun pada pengajuan pembuatan surat ini, petugas satuan lalu lintas memiliki ketentuan untuk dapat menerbitkan SIM kepada penyandang disabilitas.

Dikemukakan Kepala satuan lalu lintas Polres Pangkalpinang, AKP Heriyanto, pihaknya memang memfasilitasi dan memberikan kemudahan saat proses administrasi bagi penyandang disabilitas yang ingin membuat SIM.

Tapi tidak serta merta surat tersebut diterbitkan, Heri menuturkan, penerbitan SIM D ini juga berdasarkan pertimbangan bahaya bagi pengendara di jalan raya.

"tidak semua disabilitas bisa mengantongi SIM ini. Kami memiliki ketentuan dan melihat pertimbangan resiko mereka di jalan raya. Tidak mungkin semuanya dikeluarkan, kami harus melihat kepekaan mereka juga saat berkendara itu, apakah beresiko atau tidak." pungkas AKP Heriyanto, Kamis (8/11/2018).

Ia menambahkan, bagi penyandang disabilitas dengan cacat fisik permanen, syarat ketentuannya harus memiliki kendaraan dirancang khusus, yakni sepeda motor yang memiliki roda kendaraan tiga.

Petugas akan menolak apabila kendaraan yang digunakan masih sepeda motor roda dua atau normal seperti biasanya.

Lanjut Heri, petugas juga akan mengecek kepekaan pengendara yang menggunakan sepeda motor khusus tersebut.

Halaman
12
Penulis: Ira Kurniati
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved