Kampanye Germas, Triple Burden Jadi Beban Keuangan Pemerintah

Tahun 2015 penyakit tidak menular seperti stroke, penyakit jantung koroner, kanker dan diabetes justru

Kampanye Germas, Triple Burden Jadi Beban Keuangan Pemerintah
Bangkapos/Nurhayati
Wakil Bupati Bangka bersama Sekda Bangka Akhmad Mukhsin, Kepala Dinas Kesehatan Babel drg Mulyono dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Bangka saat kampanye pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54 di Kabupaten Bangka yang selenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Minggu (11/11/2018) di halaman kantor Bupati Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Wakil Bupati Bangka Syahbudin, mengatakan, saat ini pemerintah tengah menghadapi tantangan besar yakni masalah kesehatan Triple Burden dimana masih adanya penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular dan penyakit yang sudah seharusnya teratasi muncul kembali.

Pada era 1990 penyakit menular seperti ISPA, tuberkulosis, dan diare merupakan penyakit terbanyak dalam pelayanan kesehatan.

Namun menurut Syahbudin perubahan gaya hidup masyarakat menjadi salah satu penyebab terjadinya pergeseran pola penyakit (transisi epidemiologi).

"Tahun 2015 penyakit tidak menular seperti stroke, penyakit jantung koroner, kanker dan diabetes justru menduduki peringkat tertinggi," ungkap Syahbudin saat Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54 di Kabupaten Bangka yang selenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Minggu (11/11/2018) di halaman Kantor Bupati Bangka.

Meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular tersebut menjadi penyebab terbesar kematian dan kecacatan.

Diakuinya, di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), anggaran banyak terserap untuk membiayai penyakit Katastropik, yaitu penyakit jantung koroner, gagal ginjal kronik, kanker stroke dan diabetes.

Selain itu pelayanan kesehatan JKN juga didominasi pada pembiayaan kesehatan di tingkat lanjutan (rumah sakit) dibandingkan di tingkat dasar.

"Fakta ini perlu ditindaklanjuti karena berpotensi menjadi beban yang luar biasa terhadap keuangan negara," ungkap Syahbudin.

Disebutkannya bahwa meningkatnya penyakit tidak menular dapat menurunkan perilaku terhadap derajat kesehatan cukup besar.

Halaman
12
Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved