Operasi Zebra Menumbing 2018, Pelanggaran Didominasi Pengendara Tak Gunakan Helm

Berkendara tanpa mengunakan helm, masih mendominasi pelanggaran lalulintas adalam Operasi Zebra Menumbing 2018.

Operasi Zebra Menumbing 2018, Pelanggaran Didominasi Pengendara Tak Gunakan Helm
Bangka Pos / Deddy Marjaya
Operasi Zebra Menumbing 2018 yang dilaksanakan oleh Ditlantas Polda Kepulauan Bangka Belitung dihari terakhir kemarin Senin (12/11/1018) di Pangkalpinang 

Laporan Wartawan Bangka Pos Deddy Marjaya

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Berkendara tanpa mengunakan helm, masih mendominasi pelanggaran lalulintas adalam Operasi Zebra Menumbing 2018.

Selain itu  pengendara sambil mengunakan Handphone dan ada yang kedapatan berkendara dibawah pengaruh alkohol serta pengendara dibawah umur masih ditemukan dalam operasi Zebra Menumbing 2018 yang dilakukan di Wilayah Hukum Polda Kepulauan Bangka Belitung.

Dirlantas Polda Babel, Kombes Pol Dwi Asmoro mengatakan operasi zebra Menumbing digelar selama 12 hari mulai 30 Oktober-12 November 2018 tercatat sebanyak 7.544 pengendara melakukan pelanggaran lalulintas.

"Sebanyak 7.544 pelanggar kita tilang dan 740 pelanggar kita berikan teguran selama Operasi Zebra Menumbing 2018 yang berakhir Kemarin Senin," kata Kombes Pol Dwi Asmoro

Pelanggaran tertinggi masih didominasi oleh penggunaan helm untuk roda dua sebanyak 2.559 tilang dan pengendara dibawah umur 836 tilang.

Untuk roda empat pelanggaran tertinggi penggunaan Safety belt sebanyak 1.832 tilang.

Sisanya pelanggaran oleh pengendara roda dua dan empat seperti melawan arus, menggunakan HP saat mengemudi, berkendaraan dibawah pengaruh alkohol, melebihi kecepatan serta pelanggaran lainnya.

"Tertinggi masih pelanggaran penggunan helm oleh pengendara roda dua," kata Kombes Pol Dwi Asmoro

Sementara untuk kecelakaan lalulintas terjadi sebanyak 3 kejadian dengan korban meninggal 4 orang.

Jumlah ini mengalami penurunan dibandingkan operasi yang sama ditahun 2017 terjadi 9 lakalantas jumlah korban meninggal 6 orang, luka berat 6 dan luka ringan 7 orang.

"Mengalami penurunan untuk Lakalantas operasi Zebra Menumbing 2018 dibandingkan tahun 2017," kata Kombes Pol Dwi Asmoro.(*)

Penulis: deddy_marjaya
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved