Empat WNA Asal Thailand dan China di Deportasi Imigrasi Pangkalpinang

mpat dari 37 Warga Negara Asing (WNA) asal Thailand dan China yang menyalahgunakan izin tinggal di Bangka

Empat WNA Asal Thailand dan China di Deportasi Imigrasi Pangkalpinang
Bangka Pos / Ira kurniati
Kantor Imigrasi Kelas I Pangkalpinang 

Laporan Wartawan Bangkapos,  Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Empat dari 37 Warga Negara Asing (WNA)  asal Thailand dan China yang menyalahgunakan izin tinggal di Bangka sudah dideportasi oleh pihak Imigrasi Klas I Pangkalpinang.

Kepala Imigrasi Kelas I Pangkalpinang, Aris Yuliansyah melalui Kasi Teknologi Informasi Imigrasi Kelas I Pangkalpinang, Iqbal Rifai,  mengatakan tim intelejen dari pihaknya meringkus sepuluh WNA pada sabtu (10/11) lalu di laut kabupaten Bangka pada lima kapal hisap sedangkan pada minggu (11/11) 27 WNA lainnya di laut kabupaten Bangka Barat pada sembilan kapal hisap juga.

"Total 37 WNA itu yang menyalahi perizinan tinggal,  mereka menyalahi aturan pekerjaan tidak sesuai dilapangan seperti tertera di biodatanya sebagai penerjemah bahasa tetapi dilapangannya sebagai tukang las," jelasnya,  Selasa (14/11/2018).

Iqbal menambahkan,  empat sudah dideportasi pada senin lalu dan sisanya masih terus dilakukan pemeriksaan hingga menemukan titik terang selama proses 20 hari kedepan.

"Kami juga menegaskan kepada pihak penjamin atau perusahaan yang memperkerjakan para WNA harus menaati peraturan administratif dan taat hukum sehingga tidak merugikan kedua belah pihak," tegasnya .

Pihak penjamin pun akan mereka periksa , jika terbukti tidak taat hukum akan dikenai Pasal 122 ayat huruf B mengenai penyalahgunaan izin tinggal untuk WNA maka akan dipidanakan penjara hingga ancaman lima tahun serta denda Rp 500 juta.(*)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved