Rumah Inspirasi Bahar Buasan Langkah Konkrit Memajukan Pendidikan

Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia, Prof. Karim Suryadi mengapresiasi langkah anggota DPD RI Bahar Buasan yang mendirikan rumah inspirasi

Rumah Inspirasi Bahar Buasan Langkah Konkrit Memajukan Pendidikan
Dok, Bangkapos.com
Bahar Buasan 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Prof. Karim Suryadi mengapresiasi langkah anggota DPD RI Bahar Buasan yang telah mendirikan rumah inspirasi yang bergerak di bidang pendidikan.

Ia menilai, adanya rumah inspirasi, merupakan langkah konkrit yang dilakukan putra daerah untuk memberdayakan masyarakat dalam bidang pendidikan.

"Saya apresiasi dalam konteks kepeduliannya terhadap dunia pendidikan di Babel, saya melihat dia punya rumah inspirasi di dalamnya ada murid yang belajar dari lintas agama, suku, etnis, dan tidak berbayar," katanya, Senin (19/11/2018).

Ia menilai, melalui rumah inspirasinya, Bahar Buasan telah turun langsung, untuk meningkatkan taraf pendidikan di Babel.

"Saya mengapresiasi sebagai langkah konkrit seorang Bahar Buasan sebagai kapasitas anggota DPD RI sebagai putra daerah dalam memajukan pendidikan keantarbudayaan, toleransi, saling menghargai, dan kerjasama," sebutnya.

Ia menyebutkan, rumah inspirasi memberikan ruang kepada anak-anak di Babel, untuk belajar tentang toleransi antar kebudayaan.

"Ini merupakan langkah penting karena sumbangan nyata dalam pembangunan masyarakat. Itu menurut saya penting, terlepas itu konten kampanye atau bukan, memang sudah seharusnya itu yang dilakukan. Termasuk, justru politisi yang butuh dukungan publik jangan sampai hanya mengambil tindakan politik menjelang pileg," katanya.

Ia mencontohkan, seperti di Inggris setiap calon legislatif memang telah memiliki projek pelayanan publik.

"Yang harus kita dorong seperti yang terjadi di Inggris bagaimana anggota DPRD sebagai public service, mereka melakukan kampanye dengan program layanan sosial seperti membersihkan sungai, taman, rumah penduduk," ujarnya.

Dirinya mengapresiasi langkah nyata yang telah dilakukan Bahar Buasan, khususunya dalam bidang pendidikan.

"Jika dilihat dalam konteks itu, saya mengapresiasi apa yang dilakukan Bahar Buasan, karena komitmen dia dalam membangun keberdayaan masyarakat melalui pendidikan. Kedua, pendekatan yang dia pilih dalam meraih dukungan dengan menawarkan sebagai kerja nyata pendidikan kolaboratif. Ketiga dia bangun rumah inspirasi dimana warga bisa berinteraksi," ujarnya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: zulkodri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved