2020, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Targetkan Menjadi Provila

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sedang berupaya untuk menjadi provinsi layak anak (Provila) agar dapat betul-betul memenuhi hak anak.

2020, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Targetkan Menjadi Provila
Bangka Pos / Krisyanidayati
Pertemuan persiapan Babel menjadi Provila di ruang rapat Tanjung Pesona, Jum'at (23/11/2018) 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sedang berupaya untuk menjadi provinsi layak anak (Provila) agar dapat betul-betul memenuhi hak anak.

Untuk menjadi Provila setidaknya harus ada lima kabupaten/kota yang telah ditetapkan sebagai kabupaten/kota layak anak (KLA). Saat ini, baru Bangka Tengah yang telah ditetapkan menjadi kabupaten layak anak.

Sedangkan kabupaten/kota lainnya baru mendeklarasikan dan mempersiapkan diri menjadi kabupaten/kota layak anak.

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Susanti mengatakan saat ini anak di Babel berjumlah 448.007 jiwa.

Jumlah ini merupakan 1/3 dari jumlah penduduk di Babel yang sekitar 1,3 juta.

Ia menyebutkan, provinsi layak anak bukan hanya sekedar predikat belaka, tetapi bagaimana hak-hak anak dapat terpenuhi seperti hak hidup, tumbuh kembang, perlindungan, dan partisipasi.

"Untuk menjadi provila, minimal 5 kabupaten/kota sudah menjadi Kabupaten/kota layak anak. kita baru satu, tapi yang lainnya progresnya cepat dan punya keinginan mereka sudah deklarasi semua," katanya dalam pertemuan persiapan Babel menjadi Provila di ruang rapat Tanjung Pesona, Jum'at (23/11/2018).

Susanti menjelaskan, Pemprov Babel mendukung setiap usaha kabupaten/kota untuk menjadi KLA. Pihaknya, juga memetakan apa yang menjadi kekurangan untuk memenuhi 24 kantor indikator menjadi kabupaten/kota layak anak.

"Setelah mereka deklarasi menjadi kabupaten/kota layak anak, mereka harus memetakan apa yang harus dipenuhi, setelah itu membuat rencana aksi, membuat gugus tugas. Kami Provinsi siap mendukung dan membantu kabupaten/kota," katanya.

Untuk mewujudkan Babel menjadi Provila dibutuhkan kerjasama semua pihak, tidak hanya pemerintah tapi juga melibatkan masyarakat, dunia usaha dan media massa.

"Ini harus dilakukan bersama-sama, target kita tahun depan kabupaten/kota yang ditetapkan menjadi KLA, untuk Provila sekitar tahun 2020, karena syarat provila kabupaten/kotanya harus provila dulu," ujarnya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved