77 Desa di Babel Belum Miliki BumDes, Ini Harapan Kadin DPMD Babel

Sebanyak 77 Desa dari 309 desa di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang belum memiliki Badan Usaha Milik Desa (BumDes).

77 Desa di Babel Belum Miliki BumDes, Ini Harapan Kadin DPMD Babel
Bangka Pos / Krisyanidayati
Kepala Dinas Pemerintahan Masyrakat Desa (DPMD) Babel, Yuliswan 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Sebanyak 77 Desa dari 309 desa di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang belum memiliki Badan Usaha Milik Desa (BumDes).

Baru 232 desa yang memiliki BumDes hingga November 2018 ini.

Kepal Dinas Pemerintahan Masyrakat Desa (DPMD) Babel, Yuliswan mengatakan 232 BumDes ini belum semuanya aktif. Masih ada beberapa yang bahkan belum berjalan.

Yuliswan mengatakan pihaknya sudah melakukan pembinaan, usaha yang dijalankan BumDes disarankan sesuai dengan potensi desa dan kebutuhan desa, dan tidak hanya bergerak pada satu unit usaha saja.

"Desa yang belum memilik BumDes kata mereka belum ada dana untuk modal, ada yang sudah punya tapi vakum, kita minta dihidupkan lagi," kata Yuliswan akhir pekan lalu.

Untuk penyertaan modal BumDes, dikatakan Yuliswan sebetulnya bisa menggunakan dana desa. Bahkan
Pemprov Babel, saat ini memberikan bantuan modal kepada 61 BumDes senilai Rp 100 juta dalam bantuan Gubernur.

"BUmDes kalau betul-betul dioptimalkan bisa membantu perekonomian desa, misalnya dengan berkah mart bisa mengatasi masalah sembako, stabilitas harga sekaligus menurunkan inflasi, memperpendek rantai pendistribusian. supaya harga bisa murah," katanya.

Tahun depan, pihaknya akan menambah jumlah BumDes yang mendapatkan bantuan gubernur ini. Pihaknya, menargetkan akan ada sekitar 170 BumDes yang mendapatkan ini.

Pengelolaan BumDes juga harus maksimal, sumberdaya manusia yang mengelola juga harus pandai. Tak hanya itu, ia meyakini jika BumDes dikelola optimal bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat desa.

"Tahun depan 170 BumDes juga akan mendapatkan bantuan, dengan catatan sudah benar-benar siap, misalnya sudah harus ada gedung minimal 6x8 untuk berkah Mart. Pembangunan gedung ini kan boleh menggunakan dana desa nanti modalnya dari bantuan gubernur itu," katanya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved