Gaji Dibawah UMR, Bunda PAUD Minta Bupati Bangka Perhatikan Nasib Guru PAUD

Gaji para guru PAUD masih dibawah Upah Minimum Regional (UMR) yang ditetapkan oleh pemerintah daerah.

Gaji Dibawah UMR, Bunda PAUD Minta Bupati Bangka Perhatikan Nasib Guru PAUD
bangkapos/nurhayati
Pelantikan Bunda PAUD Kabupaten Bangka Yusmiati Mulkan oleh Bunda PAUD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi, Senin (26/11/2018) di Ruang Meeting Novilla Boutique Resort Sungailiat. 

BANGKAPOS.COM -- Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Bangka, Yusmiati, meminta kepada Bupati Bangka Mulkan agar pendidikan anak di usia dini lebih diperhatikan mulai dari sarana dan prasarana yang dimiliki PAUD, sumber daya manusia dan tidak kalah pentingnya adalah kesejahteraan guru PAUD di Kabupaten Bangka.

Diakuinya selama ini gaji para guru PAUD masih dibawah Upah Minimum Regional (UMR) yang ditetapkan oleh pemerintah daerah.

"Oleh karena itu saya selaku Bunda PAUD Kabupaten Bangka mohon kiranya pemerintah daerah memperhatikan kelembagaan PAUD dan penghargaan serta perlindungan bagi pendidik dan tenaga kependidikan Kabupaten Bangka supaya setara dan berkualitas," ungkap Yusmiati yang disambut aplus para guru PAUD saat menyampaikan sambutannya usai dilantik sebagai Bunda PAUD Kabupaten Bangka oleh Bunda PAUD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi, Senin (26/11/2018) di Ruang Meeting Novilla Boutique Resort Sungailiat.

Disampaikannya, peran semua pihak sangat dibutuhkan untuk membebaskan anak dari trend yang tidak mendidik dan mengabaikan nilai-nilai agama dan budaya.

Terlebih lagi bimbingan serta kasih sayang orang tua menjadi penting dalam peran tersebut. Selain itu peranan kelembagaan pendidikan sangat penting dalam memberikan fungsi bimbingan moral pada anak karena dunia pendidikan mempunyai mandat luhur dari para orang tua untuk memberikan pendidikan yang baik.

Dia juga memaparkan sembilan peran Bunda PAUD diantaranya mendorong partisipasi dan peran serta masyarakat dalam mendukung pembinaan penyelenggaraan dan pengembangan layanan PAUD yang berkualitas.

"Bersama ini saya mengajak semua pihak untuk mendukung, berpartisipasi agar memberikan bimbingan dan mengarahkan anak menuju kedewasaan, memberikan jalan yang tepat sesuai norma agama dan aturan yang benar agar anak tersebut tidak terjerumus ke jalan yang dilarang agama dan tidak sesuai dengan norma agama," harap Yusmiati.

Bunda PAUD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Melati menilai dengan adanya pelantikan Bunda PAUD Kabupaten Bangka Yusmiati menunjukan ingin bekerja cepat.

Disampaikannya bahwa peran Bunda PAUD bukan menempel dalam jabatan tetapi bisa mengerakkan partisipasi masyarakat dalam pendidikan usia dini.

"Mengapa harus mendapat perhatian pada pendidikan anak usia dini karena pada usia nol hingga enam tahun 80 persen otak manusia berkembang saat itu. Jika tidak disimulasi perkembangan otaknya tidak optimal," jelas Melati.

Halaman
12
Penulis: nurhayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved