Hapus Stigma Pemilu Mengerikan, KPU Bangka Resmikan RPP Sepintu Sedulang

Bahwa pemilu itu sesuatu yang mengasyikan, bahwa pemilu bagian proses pergantian pemimpin baik di tingkat

Hapus Stigma Pemilu Mengerikan, KPU Bangka Resmikan RPP Sepintu Sedulang
Bangkapos/Nurhayati
Peresmian Rumah Pintar Pemilu dan Taman Pintar Pemilu Sepintu Sedulang, Selasa (27/11/2018) di Sekretariat KPU Kabupaten Bangka. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka M Hasan mengatakan, KPU Kabupaten Bangka ingin menghapus stigma bahwa Pemilu tersebut adalah sesuatu yang mengerikan, menimbulkan huru-hara dan mencemaskan. 

Untuk itu pihaknya ingin mengemas dengan sesuatu yang positif kepada pemilih pemula melalui konsep pendidikan politik lewat Rumah Pintar Pemilu (RPP) dan Taman Pintar Pemilu Sepintu Sedulang.

"Bahwa pemilu itu sesuatu yang mengasyikan, bahwa pemilu bagian proses pergantian pemimpin baik di tingkat daerah maupun nasional," jelas Hasan saat peresmian Rumah Pintar Pemilu dan Taman Pintar Pemilu Sepintu Sedulang, Selasa (27/11/2018) di Sekretariat KPU Kabupaten Bangka.

Menurutnya, Rumah Pintar Pemilu dan Taman Pintar Pemilu Sepintu Sedulang ini merupakan konsep pendidikan pemilu dengan memanfaatkan ruang atau bangunan yang dilengkapi sarana dan prasarana berisi informasi terkait pemilu yang digagas oleh KPU RI pada tahun 2017 lalu.

"Rumah Pintar Pemilu diharapkan menjadi sarana edukasi pemilu karena edukasi penting untuk membangun pengetahuan dan tanggung jawab kepada pemilih.

Tujuannya agar pemilih menjadi pemilih yang cerdas, berintegritas dan tidak terjebak pada kepentingan sesaat seperti money politics," ungkap Hasan. 

Dengan adanya Rumah dan Taman Pintar tersebut bisa memberikan nilai positif bagi pembangunan kehidupan demokrasi di Kabupaten Bangka.

Di Rumah Pintar dan Taman Pintar Pemilu Sepintu Sedulang ini ada dua bagian yakni indoor dan outdoor.

Untuk bagian outdoor adalah tempat simulasi pemungutan suara atau TPS dan di bagian indoor berisi seluruh dokumentasi perjalanan penyelenggaraan pemilu Indonesia pemilihan kepala daerah, pemilihan legislatif dan pemiluhan presiden yang telah diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Bangka.

Sedangkan nama Rumah Pintar dan Taman Pintar Sepintu Sedulang dari ciri khas daerah Kabupaten Bangka. 

Tujuannya menurut Hasan walaupun berbeda pandangan politik dan berbeda aspirasi tetapi tujuan sama agar Indonesia ini jauh lebih baik sesuai dengan amanah proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved