Puluhan WNA Thailand Pekerja Kapal Penghisap Timah di Bangka Dideportasi

Puluhan Warga Negara Asing (WNA) asing asal Thailand dideportasi dari Indonesia. Mereka adalah para pekerja Kapal Isap Produksi (KIP) timah

Puluhan WNA Thailand Pekerja Kapal Penghisap Timah di Bangka Dideportasi
Bangkapos.com/Deddy Marjaya
Ilustrasi Kapal isap produksi (KIP) timah 

Puluhan WNA Thailand Pekerja Kapal Penghisap Timah di Bangka Dideportasi

BANGKAPOS.COM  - Puluhan Warga Negara Asing (WNA) asing asal Thailand dideportasi dari Indonesia. Mereka adalah para pekerja Kapal Isap Produksi (KIP) timah yang beroperasi di perairan Bangka.

Setelah sebelumnya telah mendeportasi sedikitnya 28 warga negara asing (WNA) asal Thailand, pihak petugas Imigrasi Kelas I Pangkalpinang kembali melakukan hal serupa terhadap 9 orang WNA Thailand.

Selain 9 warga negara Thailand, Imigrasi juga mendeportasi 2 orang WNA asal negara Cina.

Mereka semua merupakan para Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di sejumlah kapal isap produksi (KIP) di perairan Sungailiat, Kabupaten Bangka & Penganak, Kabupaten Bangka Barat.

Keberadaan pada TKA itu dianggap melanggar Undang-undang Keimigrasian.

"Semua WNA itu sudah kita lakukan deportasi ke negara asal mereka.

Gedung kantor Imigrasi Kelas I Pangkalpinang, terletak di ruas jalan raya Pangkalpinang - Sungailiat (Selindung), Kota Pangkalpinang.
Gedung kantor Imigrasi Kelas I Pangkalpinang, terletak di ruas jalan raya Pangkalpinang - Sungailiat (Selindung), Kota Pangkalpinang. (BANGKAPOS/Ryan)

Semula total WNA yang kita tangkap itu total ada 37 orang namun ada tambahan lagi 2 orang WNA asal negara Cina baru-baru ini kita deportasi ke negara asalnya," kata Kasi Teknologi & Informasi/Humas kantor Imigrasi Kelas I Pangkalpinang, Iqbal Rivai, Selasa (28/11/2018).

"Untuk pihak penjamin sementara baru ditemukan pelanggaran administratif," ungkapnya ketika ditanya soal sanski pada penjamin WNA.

Sebagaimana berita yang pernah dilansir bangkapos.com sebelumnya disebutkan jika sejumlah WNA Thailand & Cina itu sempat diamankan oleh pihak Imigrasi Kelas I Pangkalpinang atau saat tim Intel Dakim di bawah pimpinan langsung Kepala kantor Imigrasi Kelas I Pangkalapinang (Aris Yuliansyah) sedang mekakukan pengawasan terhadap orang asing selama dua hari, 11-12 November 2018.

Halaman
12
Editor: teddymalaka
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved