Pemerintah dan Swasta Wajib Berikan Lapangan Pekerjaan Untuk Para Disabilitas

Wakil Bupati Bangka Syahbudin menilai para penyandang disabilitas wajib memperoleh hak-hak dasar masyarakat

Pemerintah dan Swasta Wajib Berikan Lapangan Pekerjaan Untuk Para Disabilitas
Bangka Pos / Nurhayati
Wakil Bupati Bangka Syahbudin menyerahkan bantuan kursi roda kepada para penyandang disabilitas, saat acara Kampanye Sosial yang dikemas dalam Pertemuan Hak Penyandang Disabilitas, Senin (3/12/2018) yang digelar oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospemdes) Kabupaten Bangka. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Wakil Bupati Bangka Syahbudin menilai para penyandang disabilitas wajib memperoleh hak-hak dasar masyarakat, termasuk dalam hal pekerjaan, agar penyandang disabilitas mendapat kesejahteraan sosial yang layak.

Dia menilai masyarakat penyandang disabilitas juga merupakan sumber daya manusia yang potensial.

Untuk itu Undang-Undang Dasar 1945 mengatur dan menjamin kebutuhan hak dasar seluruh masyarakat, termasuk dalam memperoleh pekerjaan.

Hak penyandang disabilitas dalam mendapatkan perlindungan dan kesempatan kerja tersebut, dikatakan Syahbudin, juga telah diakui dalam UU Nomor 13 tahun 2003, tentang ketenagakerjaan, dan Peraturah Daerah Kabupaten Bangka Nomor 12 tahun 2017, tentang perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas.

''Mereka juga perlu kesempatan luas untuk berkembang dan mengaktualisasi diri dalam kehidupan, salah satunya dalam dunia pekerjaan," tegas Syahbudin saat acara Kampanye Sosial yang dikemas dalam Pertemuan Hak Penyandang Disabilitas, Senin (3/12/2018) yang digelar oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospemdes) Kabupaten Bangka.

Menurutnya, keterlibatan para penyandang disabilitas dinilai akan menjadi dampak positif dalam pengurangan angka kemiskinan kita di Indonesia.

''Mereka juga perlu mendapatkan persamaan, perlakuan, dan pelayanan hidup seperti masyarakat umumnya," tegas Syahbudin

Oleh karena dia mengharapkan ada kesadaran setiap masyarakat tentang disabilitas dengan memberikan rasa kepedulian terhadap sesama juga sangat penting.

Kepala Dinsospemdes Kabupaten Bangka, Arman Agus, mengatakan, kegiatan kampanye sosial yang digelar pihaknya tersebut, merupakan gambaran mengenai kepedulian sesama manusia.

Untuk itu pihaknya memberikan bantuan secara langsung kepada masyarakat penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Bangka, seperti bantuan kursi roda serta kaki palsu.

Bantuan yang diberikan sebanyak 70 unit kursi roda, kemudian ada 10 unit kaki palsu alat bantu dengar dan tongkat.

"Semoga semua ini dapat berguna bagi mereka. Mari kita motivasi mereka, dan tunjukan bahwa kita juga peduli sesama manusia,'' imbau Arman.(bangkapos, Nurhayati)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved